nusabali

Jelang KTT G20, Fisik Dalmas Digenjot

  • www.nusabali.com-jelang-ktt-g20-fisik-dalmas-digenjot

SEMARAPURA, NusaBali
Menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, serta persiapan menghadapi Pemilu 2024, personel Polres Klungkung yang tergabung dalam Kompi Dalmas (pengendalian massa), digenjot di Alun Alun Ida I Dewa Agung Jambe, Klungkung, Jumat (5/8) pagi.

Personel ini mengikuti latihan gerakan Dalmas tanpa tameng atau pelindung.  Selain meningkatkan kemampuan, latihan ini juga untuk meningkatkan fisik dan kekompakan. ”Dengan latihan rutin ini kami harapkan setiap personel selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kemampuan Dalmas merupakan kemampuan utama bagi setiap anggota polri,” ujar Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Nyoman Karang Adi Putra.

Latihan ini juga untuk mengantisipasi kerawanan wilayah menjelang pelaksanaan KTT G20 serta persiapan menghadapi Pemilu 2024. "Dalam latihan Dalmas, setiap personel dibekali keterampilan dasar guna meningkatkan kemampuan fisik serta penggunaan kekuatan dalam mengendalikan massa," kata Kompol Adi.

Dalam latihan dalmas tersebut, disampaikan kembali tentang fungsi dan tujuan Dalmas yakni suatu kegiatan yang oleh satuan Polri dalam rangka menghadapi massa demonstran atau pengunjuk rasa sesuai standar operasional prosedur.  "Latihan dan materi dalmas yang kami berikan ini diharapkan mampu dipahami dan dimengerti dalam rangka penanganan yang tepat serta menghindari kesalahan prosedur di lapangan," imbuh Kompol Adi.

Seperti diketahui, Kerta Gosa dan Pasar Seni Semarapura, Klungkung, rencananya akan menjadi lokasi kunjungan delegasi KTT G20. Terkait hal ini, Polres Klungkung sempat mengecek untuk persiapan keamanan ke destinasi tersebut.*wan

Komentar