nusabali

Terupa Festival Hadirkan 60 Karya Seni NFT

  • www.nusabali.com-terupa-festival-hadirkan-60-karya-seni-nft

DENPASAR,NusaBali.com - Sebanyak 60 karya seni para kreator muda yang berkarya melalui Non Fungible Token (NFT) dipamerkan dalam Terupa Festival di Denpasar mulai Jumat (5/8/2022) sampai Minggu (7/8/2022).

Bertempat di The Ambengan Tenten, Jalan Imam Bonjol, Pemecutan Kelod, Denpasar Barat, selain menghadirkan karya seni NFT juga dimeriahkan berbagai pertunjukan musik, fashion show, workshop, food truck dan juga aksi standup comedy dari standup Indo Bali.

"Tujuan utama hadirnya event ini diharapkan semakin mengenalkan dunia digital NFT kepada masyarakat dan sebagai bentuk edukasi karena NFT sendiri saat ini sedang berkembang pesat," jelas Kinno Thingker, selaku Founder Terupa Festival, Jumat (5/8/2022) sore.

Ia juga menjelaskan festival ini sebagai wadah para pelaku seni digital untuk bertemu dan berkolaborasi bersama yang bertujuan menghasilkan ide-ide baru untuk perkembangan dunia NFT ke depannya.

"Dua minggu sebelum event dimulai, kami kontak mereka melalui sosial media dan awalnya ada sekitar 135 karya yang mengirim, tetapi setelah dikurasi, akhirnya kami tampilkan 60 karya terpilih yang dipamerkan di event ini," ujar Kinno Thingker.

Menurutnya karya-karya tersebut hadir dari seluruh Nusantara, sebab melalui perkembangan dunia digital yang serba cepat menjadikan karya tersebut dapat dinikmati.

Selain dari banyak daerah, karya kreator seni digital terkenal asal Bali seperti Raka Jana, Lannocent dan Monez juga ditampilkan.

Sementara Event Organizer Terupa Festival, Crisna Binsar menjelaskan seluruh karya para kreator seni NFT tersebut dituangkan kedalam konsep konvensional dengan mencetak karya digital melalui media kanvas berdimensi 50 x 50 cm.

Menurut filosofinya, terupa atau yang berarti 'tampak', merupakan serapan yang bermakna penyatuan indera, pikiran, dan juga jiwa. 

"Dengan itu kami harapkan dapat menjangkau banyak mata tanpa mengurangi esensinya, sebagai ajang apresiasi terhadap karya seni dalam era digital masa kini," harapnya.

NFT sendiri adalah sebuah token digital yang ditautkan ke sistem besar blockchain dimana para penggiat maupun peminat karya dapat bertransaksi melalui dompet digital cryptocurrency.

Akhir-akhir ini NFT semakin populer terutama dikalangan pekerja industri kreatif digital, sebab NFT memungkinkan untuk mendigitalisasi aset karya seni mereka beserta barang koleksi lainnya menjadi aset yang dapat diverifikasi dan gampang diperjual-belikan.*aps

Komentar