nusabali

Berkunjung ke DTW, Delegasi G20 Pilih yang Terapkan CHSE

  • www.nusabali.com-berkunjung-ke-dtw-delegasi-g20-pilih-yang-terapkan-chse

DENPASAR,NusaBali
Daya Tarik Wisata (DTW) yang akan menjadi tujuan kunjungan delegasi G20 adalah DTW yang memenuhi syarat dan penerapkan protokol kesehatan.

Hal itu sesuai arahan Pemerintah Pusat. Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjokorda Bagus Pemayun, mengatakan Kamis (4/8).Berapa  DTW yang sudah disiapkan? Tjok Bagus Pemayun  tidak menyebutkan.

”Nanti data menyusul,” ujarnya kepada media  di sela-sela pelaksanaan Musda Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Bali di Gedung Bali Toursm Board.

Yang jelas, kata dia DTW memang menjadi bagian dari kunjungan delegasi G20. “Proses itu masih sedang berjalan. Yang mana DTW, termasuk desa wisata  yang akan ditawarkan kepada delegasi,” ujar dia.

Terkait penyiapan DTW,  Diparda Bali  berkordinasi dengan  Forkom Dewi (Forum Komunikasi Desa Wisata) DPD PUTRI, termasuk dengan Kabupaten/Kota dan Diparda-nya agar semua siap.

Yang disiapkan  DTW  yang memang betul-betul bisa dikunjungi dari sisi prokes. “Sesuai arahan dari Pemerintah Pusat,” ujarnya. Artinya yang disiapkan, adalah adalah DTW yang siap menerapkan Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (CHSE).

Dari Panitia Pusat, kata Tjok Bagus Pemayun memang belum ke organisatorisnya (asosiasi), belum menemui PUTRI (Perhimpunan Taman Usaha Taman Rekreasi Indonesia) Bali.

“Biasanya mereka langsung ke daya tarik wisata. Misalnya ke Pengelipuran, kapan dan siapa saja yang diajak delegasi itu seperti itu,” ucap Tjok Bagus. *K17

Komentar