nusabali

Marukawa Buka Pemain Jepang ke Indonesia

  • www.nusabali.com-marukawa-buka-pemain-jepang-ke-indonesia

SURABAYA, NusaBali
Eks pemain Persebaya Surabaya, Taisei Marukawa, dinilai membuka  pintu pemain asal Jepang berkiprah di Liga 1 2022/2023.

Hal itu tidak lepas dari prestasi Marukawa saat membela Persebaya, yakni menjadi pemain terbaik di Liga 1 musim lalu, dengan mencetak 17 gol dan sembilan assist.  Kini Marukawa memilih hengkang dan bergabung PSIS Semarang. Namun dia dinilai membuat pemain Jepang lainnya tertarik berkarier di Indonesia. Agen Marukawa, Aggy Eka Ressy, banyak dikontak pemain Jepang setelah munculnya prestasi Marukawa itu.

"Di Jepang itu, banyak pemain yang tahu, karena Marukawa itu booming. Jadi, di sana, dia membuat wawancara. Katanya, dia sudah seperti superstar, gajinya besar, setara J League 1," kata Aggy.

Persebaya mengisi slot yang ditinggalkan Marukawa dengan winger asal Jepang juga, yakni Sho Yamamoto. Selain itu, masih ada tiga pemain Jepang baru di Liga 1 musim ini. Yakni, Tomoki Wada (Persikabo 1973), Kenzo Nambu (PSM Makassar), dan Mitsuru Maruoka (Rans Nusantara), dan Katsuyoshi Kimishima (Bhayangkara FC). Deretan nama itu melengkapi sosok Kei Hirose (Borneo FC) dan Renshi Yamaguchi (Arema FC) yang lebih dulu berkarier di Liga 1. *

Komentar