nusabali

Bupati Giri Prasta Apresiasi Masukan dan Saran Dewan

Sampaikan Jawaban Pemerintah Atas PU Fraksi

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-apresiasi-masukan-dan-saran-dewan

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan jawaban pemerintah terhadap Pemandangan Umum (PU) Fraksi DPRD Kabupaten Badung atas rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023 dan 4 Ranperda pada Rapat Paripurna DPRD Badung, Kamis (4/8).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi atas masukan, saran, dan dukungan konstruktif dari dewan. Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Badung Putu Parwata bersama Wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa dan I Made Sunarta serta jajaran anggota dewan Badung. Turut hadir pula Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Badung, sekda beserta seluruh pimpinan OPD, pimpinan instansi vertikal di Kabupaten Badung dan para direksi perusahaan daerah.

Pada kesempatan itu, Bupati Giri Prasta mengapresiasi kerja keras dan pencermatan dewan terhadap rancangan perubahan kebijakan umum, prioritas program/kegiatan/sub kegiatan serta perubahan plafon anggaran yang tertuang dalam dokumen KUA-PPAS Kabupaten Badung Tahun Anggaran 2023 serta 4 ranperda lainnya. “Hal ini mencerminkan kesungguhan dalam melakukan analisis, sehingga dapat memberikan masukan bersifat konstruktif dalam rangka menyempurnakan dokumen penganggaran dan dokumen produk hukum sebelum disepakati bersama sebagai rujukan dalam rangka penyusunan dan penetapan APBD serta penetapan Perda,” ucapnya.

Bupati Giri Prasta juga sepakat dengan dewan, dalam kondisi sekarang ini Pemkab Badung mesti cermat dan hati-hati dalam mengalkulasi kapasitas keuangan daerah untuk memenuhi kebutuhan minimal belanja yang bersifat prioritas, mandatory, wajib dan mengikat, sehingga keberlangsungan pelayanan dasar publik, penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dapat terpenuhi secara optimal. Dikatakan, pihaknya telah menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menyusun proyeksi APBD Tahun Anggaran 2023, sehingga proyeksi pendapatan dan belanja daerah yang dirancang dapat lebih realistis, efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan secara sosial ekonomis maupun aspek teknokratis nya.

“Terima kasih kepada seluruh fraksi atas masukan, saran dan memaklumi kondisi kemampuan keuangan daerah serta berkenan menerima rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023 untuk selanjutnya bisa dituangkan dalam berita acara kesepakatan antara Kepala Daerah dan DPRD,” kata Bupati Giri Prasta.

“Dukungan konstruktif dari DPRD atas kebijakan Pemerintah Kabupaten Badung luar biasa dan kita sudah tanggapi dengan sangat baik, demi kepentingan masyarakat Badung dan untuk menuntaskan segala kebijakan yang pro masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, mengatakan jawaban pemerintah yang disampaikan oleh Bupati Badung, memberikan signal bahwa dari segi pendapatan maupun belanja masih bisa dilakukan penyesuaian. “Pemerintah juga menjelaskan sejumlah indikator seperti penurunan kasus Covid-19, pembukaan pariwisata, optimalisasi penagihan pajak, serta indikator lainnya, sehingga kami melihat pemerintah sangat yakin target PAD Rp 3,1 triliun,” ujar Parwata. *ind

Komentar