nusabali

Lawan Indonesia, Curacao Diperkuat Pemain Liga Inggris

  • www.nusabali.com-lawan-indonesia-curacao-diperkuat-pemain-liga-inggris

JAKARTA, NusaBali
Winger muda Manchester United (MU) Tahith Chong berpeluang ambil bagian dalam laga FIFA Matchday yang mempertemukan Timnas Indonesia kontra Curacao, dalam dua laga pada September 2022.

Curacao bisa jadi masih asing di telinga pencinta sepakbola Indonesia. Namun ada sejumlah nama yang cukup familier di tim berperingkat 84 FIFA itu. Diantaranya, Juninho Bacuna yang bermain di kasta kedua Liga Inggris, Birmingham City. Sedangkan sang kakak, Leandro Bacuna sempat memperkuat Aston Villa dan Cardiff City.

Selain itu juga ada Jurien Gaari, Vurnon Anita, dan Kevin Felida, bermain di divisi teratas Liga Belanda bersama RKC Waalwijk. Satu nama lainnya yang paling terkenal saat ini adalah Tahith Chong, gelandang muda MU. Namun Chong belum pernah membela Curacao.

Meski lahir di Willemstad, Ibu Kota Curacao, Chong memiliki paspor Belanda dan pernah membela Belanda U-15 sampai U-21. Namun dia belum pernah membela Timnas Belanda senior, sehingga dia berkesempatan beralih kewarganegaraan Curacao.

pada 2021 Transfermarkt mencatat Chong pernah masuk skuad Curacao, namun tidak dimainkan. Malah saat ini, Chong tidak terdaftar sebagai pemain Curacao. Yang jelas, Tahith sah dan berhak untuk membela Curacao maupun Timnas Belanda.

Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan hingga berkomitmen mencarikan lawan berkualitas bagi Timnas Indonesia. Yakni harus berperingkat di bawah ranking 100 FIFA.  Selanjutnya Iriawan juga mengatakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung berpeluang jadi kandang Timnas Indonesia di FIFA Matchday.

"Setelah melihat GBLA, kami juga bisa mempertimbangkan untuk pertandingan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday," ujar Iriawan.

FIFA Matchday digelar pada 19-27 September 2022. Indonesia masih menunggu kepulangan pelatih Shin Tae-yong yang saat ini sedang cuti di Korea Selatan. Iriawan sebelumnya mengonfirmasi kekhawatiran pada duel Indonesia vs Curacao. Penyebabnya karena mayoritas pemain Curacao belum vaksinasi Covid-19. *

Komentar