nusabali

Warga Binaan Lapas Singaraja Dilatih Kelola Sampah

  • www.nusabali.com-warga-binaan-lapas-singaraja-dilatih-kelola-sampah

SINGARAJA, NusaBali
Sampah terutama sampah plastik masih menjadi persoalan lingkungan yang pelik bagi masyarakat.

Namun, dengan pengolahan yang tepat, sampah akan menjadi sesuatu yang bermanfaat hingga bernilai ekonomis. Hal inilah yang mendasari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja merancang pelatihan pengelolaan sampah kepada warga binaan (WB) atau narapidana.


Lapas Kelas IIB Singaraja menggandeng kerja sama dengan Bank Sampah Banyuning Bersih dan Komunitas English Corner untuk mewujudkan pelatihan ini. Hal tersebut dituangkan dalam penandatangan MoU terkait pengelolaan dan pengolahan sampah melalui pelatihan terpadu kepada warga binaan Lapas Kelas IIB Singaraja.

Rencananya, pelatihan pengolahan dan pengelolaan sampah di lingkungan Lapas Kelas IIB Singaraja akan dipadukan dengan pelatihan bahasa Inggris agar bisa berjalan baik dan berdaya guna.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan Kalapas Kelas IIB Singaraja, I Wayan Putu Sutresna dan pihak Bank Sampah Banyuning Bersih, I Ketut Gede Budi Artana serta Komang Rena selaku Pendiri Komunitas English Corner, pada Rabu (3/8).

"Kami akan pakai sebagai pilot project, memberikan contoh kepada masyarakat bahwa pengelolaan sampah itu bisa dilakukan di Lapas," kata Budi Artana dari Bank Sampah Banyuning Bersih. Dia menambahkan nantinya sampah yang dipilah dan dikumpulkan warga binaan akan ditukarkan dalam bentuk pelatihan bahasa Inggris.

Di sisi lain, Komang Rena dari Komunitas English Corner menyampaikan, pelatihan yang akan diberikan dimulai dari basic terlebih dahulu. Warga binaan akan diberikan pelatihan bahasa Inggris dasar. "Goal-nya nanti supaya warga binaan ketika bebas memiliki pengetahuan dan keterampilan bahasa inggris," harap Komang Rena.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan sosialisasi terkait pelaksanaan program kerja Bank Sampah oleh Budi Artana di Balai Banjar Bina Praja. Serta pembagian alat tulis dan pelatihan bahasa Inggris perdana oleh Komang Rena yang diikuti sebanyak 19 orang perwakilan Warga Binaan bertempat di Aula Nusantara Lapas Singaraja.*mz

Komentar