nusabali

Gabung Como, Fabregas Jadi Pemain Plus Pemilik Saham

  • www.nusabali.com-gabung-como-fabregas-jadi-pemain-plus-pemilik-saham

COMO, NusaBali
Bintang sepakbola Spanyol Cesc Fabregas (35 tahun) bergabung klub Italia, Como 1907, bukan hanya sebagai pemain, tapi juga pemilik klub.

Media Inggris, Mirror melaporkan, Fabregas mendapatkan sejumlah saham Como setelah sepakat bermain untuk klub Serie B itu. Como mengumumkan kedatangan Fabregas pada Senin (1/8) dengan kontrak dua musim. "Dia memiliki bagian dari klub. Dia adalah pemegang saham," ujar Chief Executive Como 1907, Dennis Wise.

Wise mengungkapkan, kedua pihak sepakat menjadikan Fabregas sebagai pemegang saham klub dengan tujuan jangka panjang. Menurutnya, hal itulah yang diinginkan Fabregas untuk terlibat dan diharapkan lebih lama.

"Sangat penting, dia merasa seperti itu untuk jadi bagian dari jangka panjang ke depan. Dia bisa melihat apa yang kami coba," kata Wise, yang mantan pemain Chelsea ini, sama dengan Fabregas.

Menurut Wise, adanya Fabregas membuat target I Lariani, julukan Como, naik kasta ke Serie A musim depan. Namun Wise mengakui,
masih banyak yang harus dilakukan dan Fabregas melihatnya sebagai peluang bagus.

Como 1907 adalah klub yang dipunyai perusahaan berbasis di Inggris, SENT Entertainment yang mendapatkan dukungan dari Grup Djarum. Grup Djarum mengakuisisi Como pada 2017 setelah bangkrut dan bermain di Serie D hingga promosi ke Serie B pada musim ini.

Tiga tahun lalu, Wise yang juga bekerja di proyek Grup Djarum lainnya, Garuda Select sebagai direktur sepakbola ditunjuk jadi Chief Executive Como. Selanjutnya Fabregas akan bekerja sama dengan Kurniawan Dwi Yulianto.

Como merekrut Fabregas dengan status bebas transfer.  Kontrak eks Arsenal dan Chelsea itu bersama AS Monaco habis akhir musim lalu. Fabregas jadi rekrutan keempat Como jelang Serie B 2022/2023 bergulir.

Musim lalu Como finis di posisi ke-13 dari 20 kontestan Serie B Liga Italia. Tugas berat menanti Kurniawan untuk mengangkat prestasi tim yang dibentuk pada 1907 itu ke kasta teratas.

Sambutan meriah didapat Fabregas di markas Como. Eks pemain Barca itu mengaku bangga bergabung tim yang menurutnya punya tradisi luar biasa di sepakbola Italia. Baginya, hal itu sebuah kehormatan.

“Saya beruntung menjalani karier di sejumlah klub luar biasa, dan Como bukan pengecualian," kata Fabregas. Fabregas mengaku berbicara banyak dengan tiga orang sebelum bergabung Como. Yakni, Mirwan Suwarso, Dennis Wise, dan Charlie Ludi. Menurutnya, mereka menjelaskan secara detail soal proyek cantik nan ambisius, bahkan untuk ukuran dirinnya.

"Saya yakin pada visi klub ini, makanya saya tidak pikir dua kali," kata Fabregas. Sejak diakuisisi konsorsium yang isinya pengusaha kelas kakap Indonesia, yakni Hartono Bersaudara, Como merekrut wajah-wajah familier di sepakbola, termasuk Dennis Wise. Bahkan Wise diyakini sosok penting yang membuat Fabregas bergabung Como.

"Kami senang luar biasa dapat merekrut Fabregas. Pribadi sederhana yang meraih banyak hal di lapangan hijau," kata Dennis Wise. *

Komentar