nusabali

DPC PDIP Payangan Majenukan Ngaben

  • www.nusabali.com-dpc-pdip-payangan-majenukan-ngaben

GIANYAR, NusaBali
Jajaran DPC PDI Perjuangan beserta Pengurus Ranting se Kecamatan Payangan, Gianyar, Majenukan ke petak (lokasi) Pangabenan yang digelar krama Desa Adat Satung dan Desa Adat Buahan, Kecamatan Payangan, Anggara Kliwon Tambir, Selasa (2/8) petang.

Saat Majenukan, jajaran pengurus partai tersebut menyempatkan diri ngayah membuat perlengkapan upacara Pangabenan.

Jajaran pengurus partai ini juga menyumbangkan kebutuhan bahan upacara, antara lain beras, gula, serta alat memasak berupa kompor gas. Majenukan tersebut dipimpin langsung Ketua DPC PDI Perjuangan, Kecamatan Payangan, I Nyoman Kandel. Di sela-sela acara itu, dia menyebutkan kedatangannya ke petak Pangabenan tersebut merupakan wujud doa dan dukungan moral agar upacara ini berjalan lancar sesuai tujuan. ‘’Dumogi sang sane kabenang sida nemu swarga loka (semoga roh yang diaben dapat menemukan sorga),’’ jelas politisi asal Banjar Satung, Desa Buahan Kaja, Kecamatan Payangan ini.

Nyoman Kandel menyebutkan, material yang dihaturkan kepada krama pelaksana Pangabenan, bukanlah hal pokok. Lebih utama adalah tindakan tresna asih dan pasidikaraan antara jajaran partai dengan krama setempat. Untuk diketahui, Pangabenan di Desa Satung untuk 14 sawa (roh) dan di Desa Adat Buahan 76 sawa. Selama Majenukan itu, jajaran DPC dan Ranting PDIP tersebut disambut hangat oleh panitia di masing-masing petak Pangabenan.*lsa

Komentar