nusabali

Dirikan Sekaa Gong Perempuan, Tampil Memukau

SMPN 1 Semarapura Peringati HUT Sekolah

  • www.nusabali.com-dirikan-sekaa-gong-perempuan-tampil-memukau

SEMARAPURA, NusaBali
SMPN 1 Semarapura, tergolong SMP yang berani tampil beda, setidaknya dalam skup Kabupaten Klungkung.

Puluhan guru perempuan SMP ini membentuk kelompok sekaa gong yang diberi nama ‘Srikandi SMPN 1 Semarapura’  dengan 20 anggota. Sekaa ini unjuk kebolehan serangkaian perayaan puncak HUT SMPN 1 Semarapura ke-75, di panggung halaman sekolah, Senin (1/8) pagi. Selain mahir menabuh gambelan, ada enam guru perempuan mementaskan Tari Pendet. Penampilan mereka disambut antusias para penonton, terlebih para siswa.

Kepala SMPN 1 Semarapura, I Nyoman Karyawan mengatakan sekaa gong ini juga untuk menguatkan pendidikan karakter dan membangun kolaborasi antarguru. Sebagai wujud sekolah penggerak, sekolah dan guru akan menjadi sumber belajar atau pusat belajar. "Sehingga kapasitas guru harus ditingkatkan selain pembelajaran juga diberikan pelatihan lain," ujar Karyawan.

Berdasarkan Kurikulum Merdeka, muatan kokurikuler juga untuk penguatan profil pelajar Pancasila. Di dalam project ini guru akan berperan sebagai fasilitator, narasumber, pendamping, dalam mewujudkan dimensi profil pelajar Pancasila. Menurut Karyawan, terdapat 8 tema utama projek penguatan pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka, yakni gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, bhinneka tunggal ika, bangunlah jiwa dan raganya, suara demokrasi, rekayasa dan teknologi, kewirausahaan, dan kebekerjaan. Saat puncak perayaan HUT ini, juga diisi aneka pentas kesenian dari para siswa, yakni Tari Legong Keraton, Tari Condong, Dance, bazaar, dan lainnya. "Kita juga sudah menggelar jalan santai sebelumnya," ujar Karyawan. Hadir pada acara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Klungkung, I Ketut Sujana, dan undangan lain. *wan

Komentar