nusabali

Usai Kursus Pelatih, Leonard Pantau Laga Bali United Youth

  • www.nusabali.com-usai-kursus-pelatih-leonard-pantau-laga-bali-united-youth

MANGUPURA, NusaBali
Usai mengikuti kursus kepelatihan, bek senior Bali United Leonard Tupamahu menyaksikan pertandingan ujicoba Bali United Youth U-18 melawan Porprov Badung, Jumat (29/7) sore.

Leonard hadir di tengah-tengah orangtua para pemain, yang menyaksikan laga dari tribun Stadion Gelora Samudra Kuta. Pada laga yang sukses dimenangkan anak asuh Coach Dede dengan skor akhir 3-2 itu, Leonard terlihat hadir atas ajakan dari salah satu asisten pelatih Bali United, yakni Muhammad Rasyid.

Meski tidak mengikuti sejak menit pertama, tetapi Leo menilai permainan tim Bali United Youth U-18 sudah cukup baik untuk ukuran skuad yang baru saja terbentuk. Yakni, diisi para pemain hasil seleksi “The Next Gen Bali”.

“Tadi saya baru tiba saat babak kedua sudah akan berakhir, sekitar 20 menit. Namun, yang saya lihat penampilan mereka bagus-bagus dan mempunyai potensi. Dari cara mereka bermain, sudah terlihat bahwa mereka mengerti apa yang pelatih inginkan,” ujar Leo, panggilan Leonard Tupamahu.

Lebih lanjut, dari kacamatanya sebagai pemain berpengalaman, Leo menilai organisasi permainan yang diperagakan Gung Dwi dkk sudah baik. Pemain muda itu juga mampu mengatur tempo permainannya sendiri. Hal tersebut tentu jadi modal yang bagus bagi Bali United Youth U-18 menjelang turun pada ajang Elite Pro Academy 2022.

“Saya sendiri belum pernah melatih dan baru mengikuti kursus saja. Namun, saya melihat organisasi permainan mereka sudah bagus dan bisa menerapkan instruksi pelatih, tidak terlalu turun kebawah, bisa menekan, berani keluar menyerang, dan bagi saya gaya permainan mereka bagus,” kata mantan bek Persija Jakarta itu.

Menurut Leo, keberadaan tim Bali United Youth dengan berbagai kategori usia mulai dari U-14 hingga U-20 dapat batu loncatan bagi para talenta muda untuk menggapai mimpi menjadi pemain profesional.  Dia berharap banyak talenta asli Bali yang akan serius bermain bola dan fokus mengejar karier, bukan hanya bagus di level junior, tetapi menembus tim senior Liga 1.

“Saya berharap dengan pelatih-pelatih yang bagus, mereka bisa memanfaatkan kesempatan bergabung dengan tim U-14, U-16, U-18, dan U-20 menjadi batu loncatan ke Liga 1,” kata Leonar Tupamahu. *

Komentar