nusabali

Bali Tattoo Expo 2022 Hadirkan Artis Tato dari Tujuh Negara

  • www.nusabali.com-bali-tattoo-expo-2022-hadirkan-artis-tato-dari-tujuh-negara

MANGUPURA, NusaBali.com – Sebanyak 11 partisipan dari tujuh negara mengikuti gelaran Bali Tattoo Expo 2022 di Kuta 29-31 Juli 2022. Artis tato dari Vietnam, Singapura, Filipina, Thailand, Taiwan, Denmark, India serta Indonesia unjuk seni dalam event yang dilangsungkan pada edisi kelima sejak 2016 tersebut.

Kegiatan di South Beach Area, Discovery Mal ini akan dibagi di indoor area dan outdoor area. “Di bagian indoor area, ada 107 booth partisipan dari berbagai daerah di Indonesia dan juga dari internasional,” jelas Made Indah Jayanthi, Event Coordinator Bali Tattoo Expo 2022, Jumat (29/7/2022).

Event ini juga diramaikan dengan kontes tato yang mengambil beragam tema. Untuk hari pertama (29/07/2022) tema yang diambil terkait anime, animal, horor, dan video game. Setiap hari tema yag ditampilkan berbeda, dan setiap hari akan diumumkan juara-juaranya sesuai dengan kategori. 

Beberapa juri yang hadir di antaranya Ata Ink (Happenink Tattoo), Dodeprass (Lumina Tattoo), dan Alex van Dutch (World Tattoo Events). Yang menarik di indoor area adalah Shitty-Tattoo Battle, sebuah ajang kontestasi tato yang telah sembuh, yang dianggap lucu, aneh, gagal, typo, atau bisa dibilang jelek. 

Event tahunan ini pastinya menjadi ajang bagi setiap tato artis untuk berkreasi. “Senang banget karena kegiatan ini mensuport tato artis yang lain, kita punya budaya yang besar dan tentu perlu di olah dengan baik,” ujar Erwin, salah satu partisipan sudah mengikuti event ini sejak tahun 2016. 

Terkait stigma negatif bagi orang yang bertato, ia memilih santai saja. “Karena yang pakai tato belum tentu kriminal. Kita tidak perlu mengungkapkan orang yang bertato itu seperti apa supaya kita tidak kelihatan yang arogan,” ungkap owner dari Erwin Primitif ini.

Sementara itu, di bagian outdoor area terdapat stand makanan dari para UMKM di berbagai daerah dan pengunjung disuguhkan live music yang akan dimulai dari pukul 17.00 WITA. Berbeda dengan indoor area yang diterapkan tiket Rp 30.000, pengunjung bebas masuk di outdoor area.

Musisi yang tampil dari musisi lokal Bali di antaranya Coconightman, Best Buddies Karaoke Club, Jumat Libur Soundsystem, Roaddish, Unb’ rocken, Excira, Root Radicals, Vana and D’Chuckle, Jascha The Black X, Pfrozen, Rainbow and Cloud, Yoga Garrick, dan Satva. *ris


Komentar