nusabali

Ribuan Warga Iringi Prosesi Mapurwa Daksina Puri Pemecutan

Diikuti 561 Peserta dari Cokorda Pemecutan XI hingga Semeton Puri

  • www.nusabali.com-ribuan-warga-iringi-prosesi-mapurwa-daksina-puri-pemecutan

DENPASAR, NusaBali
Ribuan warga mengiringi prosesi Mapurwa Daksina dalam rangkaian upacara Karya Atma Wedana Ngastiti Puja, Mamukur, Baligia Punggel di Puri Agung Pemecutan Denpasar yang puncak acaranya dilaksanakan pada, Kamis (28/7) bertepatan dengan Tilem Kasa.

Pada puncak acara ini digelar prosesi mapurwa daksina mengelilingi puri. Ribuan warga mengiringi pelaksanaan mapeed ini yang digelar mulai dari Puri Agung Pemecutan, menuju ke Jalan Thamrin, Jalan Gajah Mada, Jalan Gunung Kawi, Jalan Hasanuddin dan kembali ke puri.

Prosesi mapurwa daksina ini digelar sebanyak tiga kali. Adapun iringan dari mapurwa daksina ini yakni lembu, tebu, kelompok pembawa pecut, kober, dan selanjutnya adalah ratusan puspa dengan tedung. Dan pada barisan terakhir yakni baleganjur sebagai pengiringnya.

Prosesi ini berlangsung mulai pukul 07.00 Wita dan berakhir pukul 13.00 Wita. Pangelingsir Puri Agung Pemecutan yang juga Bendesa Denpasar, Anak Agung Ngurah Rai Sudarma mengatakan, rangkaian acara ini telah dimulai sejak 6 Juni 2022 lalu.

Setelah prosesi mapurwa daksina, sore harinya dilaksanakan Stiti Puja yang dipuput oleh tiga orang sulinggih. “Dalam prosesi tersebut ada mamukur, yaitu ibu-ibu yang sedang hamil mendengarkan dan menghayati lantunan gita dan genta. Tujuannya agar anak yang lahir menjadi anak suputra,” kata Rai Sudarma.

Selanjutnya pada, Jumat (29/7) pukul 01.00 Wita akan digelar prosesi puja pralina. Pada prosesi ini juga akan dilaksanakan rangkaian ngeseng atau membakar puspa. “Mudah-mudahan bisa lancar dan pukul 05.00 Wita sudah bisa berangkat nganyud ke Pantai Kuta,” ujarnya.

Dalam prosesi ini peserta yang terlibat sebanyak 561 orang yang merupakan semeton dan juga wargi Puri Agung Pemecutan. “Ada Ida Cokorda Pemecutan XI beserta adik-adik beliau lima orang. Sehingga dari puri ada 6 peserta,” tandasnya. *mis

Komentar