nusabali

Puluhan Titik Lampu PJU Dipasang Tahun Ini

  • www.nusabali.com-puluhan-titik-lampu-pju-dipasang-tahun-ini

SINGARAJA, NusaBali
Puluhan titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di empat lokasi wilayah Buleleng segera akan dipasang tahun ini.

Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng sedang menyiapkan proses pemasangan secara bertahap. Lokasi penambahan LPJU ini memprioritaskan akses jalan yang sebelumnya memang belum terpasang PJU dan termasuk akses ramai lalu lintas.

Keempat lokasi pemasangan lampu yang direncanakan yakni di sepanjang jalan kearah pantai Desa Julah, Kecamatan Tejakula, Buleleng, sekitar jembatan penghubung banjar di Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, sekitar jembatan Bakung-Sarimekar di Kecamatan Buleleng dan sepanjang jalur Sangket-Panji di Kecamatan Sukasada Buleleng.

Sejumlah jalur tersebut memang merupakan jalur padat arus lalu lintas yang minim penerangan. Kondisi ini pun sering memicu keluhan di masyarakat yang sering lalu lalang di sana. Masyarakat mengaku was-was ketika melintas malam hari dalam kondisi gelap. Terlebih di sisi kanan dan kiri jembatan adalah tebing. Sehingga sangat diperlukan penerangan jalan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat melintas.

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra dihubungi Senin (25/7) kemarin, tidak menampik kondisi di lapangan. Bahkan sejumlah keluhan masyarakat untuk memohon lampu PJU juga sudah diterima langsung Dinas Perhubungan.

“Permohonan penambahan lampu PJU dari masyarakat cukup banyak. Dan memang belum bisa penuhi semua. Nanti akan kami rancang bertahap, sementara kami harus memprioritaskan di jalur-jalur kerawanan lalu lintas,” ucap Gunawan.

Menurutnya, beberapa usulan hasil dari Musrenbang desa dan kecamatan juga akan kami kerjakan bertahap. Penambahan titik lampu pada masing-masing lokasi rata-rata akan diisi 20 titik lampu. Dinas Perhubungan pun menargetkan puluhan titik lampu itu sudah dapat terpasang sebelum akhir tahun 2022 ini.*k23

Komentar