nusabali

Wabup Edi Wirawan Harap Turnamen Gateball Digelar Setiap Tahun

  • www.nusabali.com-wabup-edi-wirawan-harap-turnamen-gateball-digelar-setiap-tahun

TABANAN, NusaBali.com - Tabanan Cup I Gateball Open Turnamen digelar di lapangan Desa Beraban Kediri Tabanan dibuka Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Sabtu (23/7/2022) pagi.

Turnamen yang berlangsung selama dua hari, hingga Minggu (24/7), melibatkan 24 tim gateball, beberapa tim diantaranya berasal luar Bali yakni Bandung, Malang, Sidoarjo, Jember, Ngawi, Mataram, Kalimantan Timur,  dan Sumbawa Besar mempertandingkan dua nomor yakni double dan grup..

Wabup Tabanan mengatakan, turnamen ini akan dijadikan kalender tahunan. "Selanjutnya akan terus digelar setiap tahun," kata Edi Wirawan saat membuka kejuaraan. Wabup asal Desa Beraban, Kediri, Tabanan, ini memberikan apresiasi kepada tim peserta dari luar Bali yang telah ambil bagian dalam turnamen ini. 

Dengan hadirnya kontestan dari berbagai daerah menandakan Tabanan telah dipercaya menyelenggarakan event olahraga berskala nasional. Karena itu lanjutnya, jadikan turnamen ini sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antara atlet, pelatih dan pengurus Gateball. Mengingat di cabor Gateball, sesungguhnya bukan juara semata yang dikejar tetapi persaudaraan sesama kita anak bangsa itu yg penting dijaga dan dirawat.  "Apa artinya juara tetapi tidak harmonis untuk semua atlet Gateball," tegasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Umum Pergatsi Bali Agustinus Dei Segu menjelaskan, Bupati Cup I ini merupakan ajang pra musim bagi atlet gateball sebelum turun pada ajang Pekan Olahraga Provinis (Porprov) Bali, pada bulan November mendatang. 

"Ajang ini sekaligus mengasah kemampuan para atlet dan evaluasi bagi para pelatih terhadap kemajuan atletnya selama masa persiapan TC desentralisasi di masing-masing Gateball Pemkot/Pemkab," tambah Agus Dei yang juga seorang akademisi tersebut.

Sementara Ketua KONI Tabanan Dewa Gede Ary Wirawan, mengatakan pihaknya selaku pengatur regulasi olahraga di Tabanan akan selalu mendukung setiap ada turnamen yang digelar di Tabanan. Misal turnamen yang erat kaitannya dengan persiapan Porprov 2022 seperti ini. 

"Kami selalu mendukung teman-teman di semua cabang olahraga untuk melahirkan atlet berprestasi, tidak hanya prestasi daerah tetapi nasional,” ujarnya.

Digelarnya turnamen ini sebagai pembuktian bahwa olahraga gateball mulai mendapat tempat di hati masyarakat Tabanan. Hadir dalam pembukaan itu selain Wabup Tabanan, Ketua KONI, Waketum Pergatsi Bali, ada juga Kadisdikpora Tabanan, Camat Tabanan dan Kepala Desa Beraban, beserta seluruh atlet yang mengikuti ajang tersebut.*aps

Komentar