nusabali

Risiko Pemilu Rawan Intimidasi dan Intervensi, Bawaslu Gianyar Minta Backup Kodim

  • www.nusabali.com-risiko-pemilu-rawan-intimidasi-dan-intervensi-bawaslu-gianyar-minta-backup-kodim

GIANYAR, NusaBali
Rawannya Pemilu 2024 dari intimidasi dan intervensi, Bawaslu Gianyar meminta backup dari Kodim 1616/Gianyar.

Permohonan backup Bawaslu Gianyar ini bertujuan agar dalam perhelatan Pemilu 2024 nanti bisa melaksanakan fungsinya dengan maksimal. Hal itu terungkap dalam pertemuan jajaran Bawaslu Gianyar dengan Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Hendra Cipta di Makodim 1616/Gianyar, Jumat (22/7). Hadir Ketua Bawaslu Kabupaten Gianyar I Wayan Hartawan yang didampingi Anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar Ni Made Suniari Siartikawati.

Hartawan menyampaikan pertemuan Bawaslu dan dengan Kodim 1616/Gianyar berkaitan dengan dimulainya tahapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024. “Kami ingin menjalin sinergi dan meminta dukungan dalam menjalankan tugas sekaligus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) untuk mensukseskan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Gianyar,” ujar Hartawan.

Selain itu, Hartawan juga menambahkan, agar sinergitas yang terjalin di tingkat Kabupaten Gianyar, nantinya dapat terus berlanjut hingga ditingkat Desa. ”Tahapan Pemilu serentak tahun 2024 sudah dimulai, Bawaslu ingin menjalin sinergi dan meminta support dalam melaksanakan tugas sekaligus menjaga Kamtibmas, untuk suksesnya Pemilu 2024, serta sinergitas yang terjalin di tingkat kabupaten nantinya dapat berlanjut hingga jajaran di tingkat desa,” ungkap Hartawan.

Menanggapi hal tersebut, Letkol Inf Hendra Cipta menegaskan bahwa Kodim 1616 Gianyar siap mendukung Bawaslu Gianyar. Terlebih lagi Bawaslu dalam menjalankan tugasnya tentu memiliki risiko, banyak dimusuhi, terutama mereka yang tidak puas atas proses dan hasil pemilu. “Bawaslu memiliki risiko dimusuhi oleh pihak yang melakukan kecurangan dalam pemilu, serta rawan terhadap intervensi dan intimidasi,” tegas Dandim Hendra Cipta.

Dandim Hendra Cipta menegaskan bahwa Kodim 1616/Gianyar akan membantu penuh kelancaran proses Pemilu 2024 dari sisi pengamanan, terutama dari oknum-oknum yang berniat mengganggu kelancaran Pemilu 2024 di Kabupaten Gianyar. *nvi

Komentar