nusabali

FKUB Malang Kunjungi Gianyar

  • www.nusabali.com-fkub-malang-kunjungi-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Malang, Jawa Timur, berkunjung ke Kantor Bupati Gianyar, Jumat (22/7) pagi.

Rombongan dipimpin Wakil Pengurus FKUB Kabupaten Malang Sutomo Adi Wijoyo dengab 23 anggota.  Mereka diterima Bupati Gianyar Made Mahayastra, Ketua FKUB Gianyar Ida Bagus Made Viprajana, unsur Badan Kesbangpol Gianyar dan Bagian Kesra Setda Gianyar, Adi Wijoyo tertarik dengan kerukunan umat beragama di Gianyar.

Menurutnya, Gianyar nihil ditemukan kasus terkait dengan umat bergama di Gianyar. Sehingga dijadikan acuan untuk melaksanakan studi ini di Kabupaten Gianyar. "Kabupaten Gianyar sekiranya bisa menjadi tempat yang memberikan hikmah, untuk dibawa kembali ke Malang dalam menjaga kerukunan umat,” terang Adi Wijoyo.

Adi Wijoyo menjelaskan, FKUB Kabupaten Malang bersama Pemkab Malang selama ini sudah memiliki sistem untuk mengurai tindakan-tindakan atau isu-isu sara yang menyebar di masyarakat. Demi meredam hal tersebut, pihak FKUB bersama Pemkab Malang turun langsung ke sumber yang menjadi permasalahan di masyarakat. “Langkah-langkah yang kami lakukan ini menekan terjadinya perpecahan yang mengatasnamakan agama, untuk bisa diselesaikan secara kekeluargaan,” jelasnya. Pihaknya berharap upaya tersebut tetap berhasil di masa depan. "Duduk bersama dalam beragam agama yang berbeda namun tetap menjunjung rasa persaudaraan,” imbuhnya.

Bupati Mahayastra mengungkapkan, kerukunan yang terjalin antar umat beragama memang menjadi salah satu acuan yang utama dalam membangun kabupaten yang sejahtera. Bupati Mahayastra mengklaim tidak pernah ada konflik agama di Gianyar. *nvi

Komentar