nusabali

Kajati Bali Beber Prestasi di Puncak HBA

  • www.nusabali.com-kajati-bali-beber-prestasi-di-puncak-hba

DENPASAR, NusaBali
Puncak Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62 dipusatkan di Kejati Bali pada Jumat (22/7).

Dalam kesempatan tersebut, Kajati Bali, Ade T Sutiawarman juga menyempatkan diri untuk memaparkan capaian kerja Kejati Bali selama setahun terakhir.  Dari paparan Ade, ada miliaran uang negara yang telah diselamatkan dan proyek berniliai triliunan yang sedang dalam pengawasan Kejati Bali. Ade mengungkapkan, uang yang diselamatkan berasal dari bidang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), di mana Kejati Bali telah menyetor ke kas negara sebanyak Rp 85,2 juta. Sementara secara keseluruhan Kejati Bali dan Kejari se-Bali ditambah Cabang Kejari Klungkung di Nusa Penida, menyetorkan PNBP sebesar Rp 4,2 miliar.

“Untuk bidang intelijen, kepercayaan terhadap Kejati Bali melakukan pengamanan pembangunan strategis di Bali mengalami peningkatan. Ada 28 kegiatan dengan nilai anggaran pembangunan sebesar Rp 6,4 triliun,” beber Ade dalam jumpa persnya di lobi Kejati Bali.

Kejati Bali juga melakukan penelusuran aset sebagai bentuk dukungan mengembalikan kerugian negara. Total ada 6 kegiatan dengan 84 hasil penelusuran aset dari tersangka/terdakwa/terpidana. Aset itu berupa kendaraan bermotor, tanah dan bangunan. “Setahun ini kami juga berhasil mengamankan dua orang buronan untuk dilakukan eksekusi putusan pengadilan,” ujar mantan Kajari Jombang, Jawa Timur, itu.

Sementara di bidang tindak pidana umum (pidum), Kejati Bali menerima 393 surat pemberitahuan dimulainya penyidikan dan 290 perkara telah dinyatakan p-21.

Selain itu, lanjut Ade, terdapat 15 perkara berhasil dilakukan restorative justice oleh kejaksaan negeri se-Bali. Sedangkan jumlah rumah restorative justice sebanyak tujuh tersebar di penjuru Bali.

Untuk Pidsus, Ade menjelaskan Kejati Bali telah melaksanakan sepuluh penyidikan tindak pidana korupsi dan menerima dua perkara tindak pidana korupsi yang penyidikannya dari kepolisian. “Pengembalian kerugian negara yang berhasil kami lakukan sebasar Rp 1,1 miliar,” jelasnya.

Secara keseluruhan jajaran kejaksaan di Provinsi Bali telah melakukan penyidikan 37 kasus dan menerima 12 perkara korupsi dari kepolisian. Sebanyak 46 perkara telah diajukan ke tahap penuntutan dan 20 perkara di antaranya telah dilakukan eksekusi terhadap putusan pengadilan. Dibidang perdata dan tata usaha negara, Kejati melaksanakan pemulihan atau penyelamatan keuangan negara sebesar Rp 190 juta.

Selain apel peringatan HBA, turut digelar beberapa hiburan salah satunya yaitu penampilan penyanyi Bams Samsons. Ratusan jaksa yang hadir dalam kegiatan tersebut langsung dibius oleh Bams Samsons yang membawakan beberapa lagu hitsnya. Diantaranya Kenangan Terindah, Akhir Rasa Ini dan beberapa lagu lainnya. Selain itu, puncak HBA ke-62 juga dimeriahkan penampilan lawak Bali, Sengap dkk.

Dalam acara tersebut nampak Kajati Bali, Ade T Sutiawarman dan pejabat Kejati Bali berbaur dengan jaksa dari seluruh Bali. Acara juga diisi penyerahan hadiah pemenang lomba dan beberapa kegiatan lainnya. *rez

Komentar