nusabali

Ratusan Bhabinkamntibmas di Tabanan Digembleng

  • www.nusabali.com-ratusan-bhabinkamntibmas-di-tabanan-digembleng

TABANAN, NusaBali
Sebanyak 155 Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Tabanan digembleng kemampuan skill pada Kamis (21/7).

Peningkatan kemampuan ini diberikan untuk menjaga situasi keamanan di masing-masing desa mengingat Bhabinkambtibmas ujung tombaknya.

Peningkatan kemampuan yang dilaksanakan di Aula Gedung Mandala Mathika Balai subak Sanggulan Kecamatan, Kediri Kabupaten Tabanan mendatangkan pemateri dari Direktorat Binmas Polda Bali dan Brimobda Bali. Kegiatan dibuka langsung oleh Waka Polres Tabanan Kompol Doddy Monza.  

Kompol Doddy Monza menegaskan pelatihan ini diberikan guna meningkatkan kemampuan skill anggota Bhabinkamtibmas. Sebab mereka ini adalah ujung tombak penerimaan informasi di desa. "Lewat pelatihan ini kita harapkan Bhabinkamtibmas bisa menambah ilmu sehingga dapat meneruskan penanganan informasi ke Polres Tabanan," jelasnya.

Menurutnya materi yang diberikan ini tentang teori dan pengenalan terkait dengan penanganan barang-barang mencurigakan berupa yang ditemukan kemudian bagaimana proses pelaporan dan penanganannya. "Jadi dalam hal ini, Bhabinkamtibmas selaku ujung tombak bidang harkamtibmas wajib mengetahui dan memahaminya," tegas Kompol Doddy Monza.

Selain hal tersebut Bhabinkamtibmas se- Polres Tabanan juga dibekali dengan  kemampuan teknis dasar pelaksaan tugas bhabinkamtibmas. Seperti teknis berkomunikasi dengan masyarakat, agar penyampaianya mudah diterima dan dilaksanakan oleh masyarakat. "Jadi penyampaian komunikasi ini penting," imbuhnya.

Dia menambahkan para Bhabinkambtibmas juga dibekali ilmu penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat ini menyebar di Bali. Khusus di Tabanan karena masih zona hijau penanganan bio security ini harus ditingkat. "Jadi para Bhabinkamtibmas kita ajak untuk pencegahan PMK, makanya dalam materi juga disampaikan pencegahan PMK dengan encoenzym," tandasnya. *des

Komentar