nusabali

11 Pematung SDI Pameran Patung Skala Skala

  • www.nusabali.com-11-pematung-sdi-pameran-patung-skala-skala

GIANYAR, NusaBali
11 pematung dari Sanggar Dewata Indonesia mewujudkan pameran patung bertajuk Skala Skala, 16 Juli - 28 Juli 2022, di Tony Raka Galeri, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar.

Karya yang ditampilkan berbahan kayu, resin, dan besi. Ketua SDI Made Arya Palguna menyatakan pameran patung digelar untuk memberikan tempat bagi pematung. “Selama ini pameran cenderung lukisan. Maka kami mencoba garap pameran patung,” ujarnya Arya Palguna, Rabu (20/7). Para seniman yang unjuk karya terdiri dari beragam latar belakang, mulai dari pelaku seni, guru dan dosen seni. “Per seniman memamerkan dua sampai tiga patung. Ada yang menampilkan karya baru dan juga lama,” ujarnya.

Rupa yang ditampilkan pun beragam. Mulai dari topeng, stitilisasi berupa bentuk, akar dibentuk wajah hingga anyaman. “Karya ini berbeda-beda, karena seniman yang terlibat lintas generasi, ada 1990-2000,” imbuhnya.

Dari pameran kali ini, pihaknya ingin membangkitkan spirit seni patung yang perlu disajikan kepada masyarakat. “Kami ingin publik tahu bahwa patung itu tulang punggung Bali. Kami coba mengangkat,” jelasnya.

Kata Arya Palguna, Desa Mas, Kecamatan Ubud adalah sentra patung. ‘’Ini pameran permulaan, ke depan, kami akan agendakan setiap tahun,” jelasnya. Pameran nantinya juga akan menggandeng seniman asal Desa Mas. “Kami juga angkat seniman lokal. Apalagi di Mas ini pusat patung,” ujarnya. *nvi

Komentar