nusabali

TMMD Ke-114, Dispenad Gelar Lomba Jurnalistik

  • www.nusabali.com-tmmd-ke-114-dispenad-gelar-lomba-jurnalistik

DENPASAR, NusaBali
Program kerja TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 oleh TNI Angkatan Darat segera dimulai.

Rapat koordinasi teknis (Rakornis) terhadap kegiatan yang akan digelar 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022 digelar, Selasa (19/7). Rakor tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Kodam se-Indonesia secara virtual.

Khusus di Kodam IX/Udayana, Rakornis tersebut diikuti oleh Kasdam Brigjen TNI Harfendi, bersama para pejabat terkait. TMMD ke-14 selama sebulan itu juga digelar lomba jurnalistik. Lomba jurnalistik yang digelar Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) tersebut bertujuan untuk memperbesar publikasi kegiatan TMMD ke-114. Sehingga pembangunan yang dikerjakan dapat diketahui masyarakat secara luas.

Waaster Kasad bidang Tahwil Komsos dan Bakti TNI, Brigjen TNI Junaedi dalam sambutannya mengatakan Rakornis ini adalah kegiatan awal pelaksanaan TMMD. Tujuannya untuk membahas dan mendiskusikan berbagai program yang disinergikan saat pelaksanaan TMMD ke 114 dengan tema "Dedikasi Terbaik Membangun NKRI".

Tema ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur bersekala besar dan pembangunan SDM, sehingga hasilnya dapat dihubungkan menuju pembangunan infrastruktur bersekala besar sesuai program Pemerintah Pusat, dengan harapan dapat mengakselerasi pembangunan di daerah.

Hasil yang ingin dicapai dari TMMD ini tidak hanya secara fisik tetapi juga nonfisik. Misalnya meningkatkan pemahaman masyarakat akan kesadaran bela negara, kesehatan, pertanian, penyalahgunaan narkoba dan paham radikalisme. Selain itu memberi manfaat dalam meningkatkan kualitas SDM yang ada di wilayah pelaksanaan TMMD, lebih khusus pada kategori wilayah tertinggal, terisolir dan terpencil.

"Tema ini bermakna pengabdian secara terintegrasi dalam mewujudkan akselerasi pembangunan di wilayah demi kesejahteraan masyarakat dan terdukungnya pertahanan darat yang tangguh, dengan hasil sasaran fisik berupa infrastruktur jalan, jembatan dan lainnya," tuturnya.

Sementara terkait lomba karya jurnalistik dikelompokan menjadi dua kategori, yaitu kategori Dansatgas TMMD dan Kategori wartawan. Dalam pelaksanaannya, masing-masing Kategori dibagi menjadi dua kategori media, yaitu media elektronik serta media online dan cetak. Sedangkan Kapendam dan Kapenrem berperan sebagai surpervisi publikasi pada kegiatan TMMD. *pol

Komentar