nusabali

Komang Ayu Lolos Kualifikasi Taipei Open

Prokes Ketat, Pebulutangkis Indonesia Mundur

  • www.nusabali.com-komang-ayu-lolos-kualifikasi-taipei-open

JAKARTA, NusaBali
Pebulutangkis Komang Ayu Cahya Dewi lolos babak kualifikasi Taipei Open yang berlangsung, Selasa (19/7).

Di babak kualifikasi Komang Ayu menang dari pebulutangkis Keyura Mopati dengan skor 21-13 dan 21-14. Anak ketiga dari tiga bersaudara itu, mengalahkan pebulutangkis dari India tersebut dalam tempo 33 menit. Kemenangan itu mengantarkan Komang Ayu ke babak utama ajang BWF Super 300 Taipei Open 2022, sesuai target yang dicanangkannya. "Target saya di Taipei Open adalah lolos kualifikasi terlebih dahulu agar bisa main di babak utama," ujar Komang Ayu sebelum berangkat ke Taipei Open, Jumat (15/7) lalu.

Di babak kualifikasi, peraih medali perak PON 2021 Papua ini hanya menjalani satu kali pertandingan. Selanjutnya dia melangkah ke babak utama. Di babak utama,  Rabu (20/7), Komang Ayu sudah ditunggu pebulutangkis tuan rumah Chen Su Yu.

Shen Su Yu adalah pebulutangkis peringkat 161 dunia. Sedangkan Komang Ayu berada di peringkat 152. Pertemuan mereka adalah pertama kali. Jika menang Komang Ayu bakal berhadapan dengan pemenang di pertandingan lain yang mempertemukan pebulutangkis Malaysia, Goh Jin Wei dengan pebulutangkis India, Tanya Hemanth dipertandingan kedua. Bila mampu melalui babak itu, Komang Ayu akan maju ke babak perempatfinal.

Unggulan pertama Taipei Open sendiri ditempati pebulutangkis Taipei, Tai Tzu Ying. Pebulutangkis negara lain yang menempati unggulan adalah Supanida Katethong dari Thailand yang berada di unggulan lima. Unggulan ketujuh pebulutangkis asal Jepang, Saena Kawakami.

Selain Komang Ayu, Indonesia juga menurunkan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, dan Christian Adinata (tunggal putra). Sementara sejumlah pebulutangkis memilih mundur karena cedera dan pemberlakuan protokol kesehatan di Taipei yang ketat.

"Di Taipei protokol kesehatan masih sangat ketat. Ada isolasi, pranata gelembung dan tes antigen setiap hari. Bila terpapar, harus isolasi di rumah sakit. Kami tidak mau ambil risiko," terang Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky.

Sementara itu dua juara Singapore Open 2022 yaitu Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri) dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra) mundur untuk menjalani pemulihan. Kedua pasangan ini sedang diganggu cedera, sehingga PBSI memutuskan agar terlebih dulu fokus pada upaya penyembuhan. Fadia mengalami masalah di tumitnya sejak di Malaysia, sementara Leo masih merasakan sakit di pinggang. *k22, ant

Berikut daftar lengkap pemain Indonesia yang mundur dari Taipei Open 2022

Tunggal Putra
1. Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri
1. Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra
1. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Ganda Putri
1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
2. Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani
3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
4. Melani Mamahit/Tryola Nadia
5. Jesita Putri Miantoro/Lanny Tria Mayasari
6. Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose

Ganda Campuran
1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
2. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
3. Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela

Komentar