nusabali

527 Sapi di Tabanan Sudah Divaksin PMK

  • www.nusabali.com-527-sapi-di-tabanan-sudah-divaksin-pmk
  • www.nusabali.com-527-sapi-di-tabanan-sudah-divaksin-pmk

TABANAN, NusaBali
Kabupaten Tabanan masih nihil kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Untuk mempertahankan rapor itu, 5.000 dosis vaksin sudah disebar.

Hari pertama sudah ada 527 ekor sapi yang tersuntik vaksin. Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Gde Eka Parta Ariana mengatakan hingga Senin (18/7) pukul 15.00 Wita, sudah ada 527 ekor sapi yang divaksin. "Ini baru tervaksin di tiga kecamatan (Pupuan, Marga, dan Selemadeg Barat); oleh masing-masing Puskeswan. Sisanya dilakukan bertahap," jelas Parta Ariana.

Dikatakan, 5.000 dosis vaksin ini akan dituntaskan dalam waktu dua pekan. Namun akan dihabiskan sebagian atau sekitar 2.500 dosis, sementara sisanya digunakan untuk booster PMK. Populasi sapi di Tabanan sendiri diperkirakan berjumlah 39.329 ekor.

Parta Ariana berharap lewat vaksin ini, daya tahan sapi di Tabanan bertambah sehingga tidak ada kasus PMK tersebar. "Kita masih nihil kasus sampai saat ini. Mudah-mudahan bisa dipertahankan," harap Parta Ariana.

Sebelumnya, selain sudah mendapat vaksin, Tabanan juga sudah mendapat alokasi APD PMK sebanyak 1.400 paket, desinfektan PMK 1 liter  atau 1.200 botol, dan sprayer sebanyak 9 unit.

Rincian vaksin yang disebar ini diantaranya, UPTD Puskeswan I (membawahi Baturiti, Penebel, Marga) dialokasikan sebanyak 2.000 dosis vaksin PMK. Turut pula diberikan 100 pcs noodle atau jarum, 15 pcs spuite, 350 APD, 300 botol desinfektan, 3 unit sprayer, dan 350 botol hand sanitizer.

Kemudian  di UPTD Puskeswan II (mewilayahi Kediri, Kerambitan) dialokasikan vaksin PMK sebanyak 1.000 dosis, jarum 100 pcs, spuite 15 pcs, APD 350 paket, desinfektan 300 botol, sprayer 3 unit, dan handsanitizer 350 botol.

Serta di UPTD Puskeswan III (mewilayahi Selemadeg Timur, Selemadeg, Selemadeg Barat, Pupuan) dialokasikan sebanyak vaksin PMK 1.000 dosis, jarum suntik 100 pcs, spuite 15 pcs, APD 350 paket, desinfektan 300 botol, sprayer 3 unit, dan handsanitizer sebanyak 350 botol.

Di sisi lain vaksinasi terhadap sapi warga turut diawasi TNI dan Polri. Contohnya pengawasan vaksin dilaksanakan di Desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat. Selain suntik  vaksin, kegiatan juga dibarengi dengan penyemprotan desinfektan.

Dandim 1619 Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto menyampaikan  Kodim Tabanan bersama jajaran Polres dan Pemda melalui instansi terkait saat ini secara gencar melakukan penyemprotan terhadap hewan ternak dan penyuntikan vaksin yang bertujuan untuk melakukan upaya pencegahan , pengendalian virus PMK ini. "Syukur di wilayah Tabanan belum ditemukan kasus sampai saat ini," jelasnya.

Ditegaskan dalam upaya pengendalian virus PMK, Kodim Tabanan menerjunkan Babinsa yang dikoordinir para Danramil untuk memantau dan memonitor langsung perkembangan PMK di wilayahnya masing-masing serta ambil bagian dan turut melakukan upaya-upaya pencegahan terkait PMK serta berkoordinasi dan bekerjasama dalam pelaksanaannya dengan Petugas dari Instansi terkait." Kita gotong royong untuk sama-sama pencegahan PMK ini agar terus Tabanan nihil kasus," tandas Dandim Adianto. *des

Komentar