nusabali

Forkom Dewi Dorong Pemberdayaan UMKM

  • www.nusabali.com-forkom-dewi-dorong-pemberdayaan-umkm

DENPASAR, NusaBali
Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkom Dewi) Bali berusaha terus melakukan pemberdayaan terhadap desa wisata.

Salah satunya dengan cara mendorong penguatan UMKM yang ada di desawisata  bersangkutan.  Alasannya sederhana saja, bila UMKM di desa wisata berdaya dan berkelanjutan, tentu berdampak desa wisata. Yakni peningkatan perekonomian dan  kesejahteraan warga .

"Karena tujuan dari wisata salah satunya tentu kesejahteraan," ujar Ketua Forkom Dewi Bali I Made Mendra Astawa, Minggu (17/7).

Karena itulah suport dari  Forkom Dewi, tidak saja pada objek, tetapi juga berusaha pada potensi yang lain, dalam hal ini  UMKM.

Menurutnya secara umum UMKM-UMKM yang ada di desa wisata perlu  memang perlu pemberdayaan  untuk penguatannya. Selain permodalan yang juga penting adalah  kemasan, narasi promosi, hingga pemasaran secara digital seperti pembuatan website.

" Karena memang soal digitalisasi  mesti dilakukan  dalam era milenial sekarang," ucap Mendra. Forkom Dewi kata Mendra Astawa, tidak sendirian. Tetapi juga bergandengan dengan mitra lain yang punya konsern.

Seperti yang dilakukan Forkom Dewi di Desa Wisata Taro Tegalalang, Gianyar. Forkom Dewi bermitra dengan pihak perasuransian, memberi pembinaan dan pelatihan  terhadap 30 pelaku UMKM yang ada di Taro.

Pelaku UMKM yang mendapat pelatihan dengan beragam jenis usaha. Ada usaha kuliner, kerajinan, produk minuman herbal dan lainnya.

 “Pelatihan selama 1,5 bulan, kepada pelaku UMKM," ungkap Mendra Astawa. Materinya pelatihan meliputi packaging, pembuatan video, latihan membuat narasi hingga latihan pemasaran secara digital.

"Karena itu yang masih perlu digenjot bagi pelaku UMKM di desa wisata," ujar Mendra Astawa. Forkom Dewi akan terus menjalin kemitraan dengan pihak-pihak terkait yang punya komitmen terhadap keberadaan desa wisata. "Secara  umum UMKM di desa wisata banyak perlu pemberdayaan, " kata dia.*K17

Komentar