nusabali

Bangli Jadi Lokasi Prioritas DAK Jalan 2023

  • www.nusabali.com-bangli-jadi-lokasi-prioritas-dak-jalan-2023

BANGLI, NusaBali
Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR) Perkim Bangli, I Wayan Lega Suprapto, mengatakan Kabupaten Bangli jadi salah satu lokasi prioritas (lokpri) pemanfaatan dana alokasi khusus (DAK) jalan tahun 2023.

Penentuan lokasi prioritas adalah hasil kajian pemerintah pusat. Pemkab Bangli sebatas mengajukan usulan ke pusat. Wayan Lega menjelaskan, usulan yang diajukan adalah ruas jalan yang terkoneksi dengan ruas jalan provinsi dan pusat. Dicontohkan, Provinsi Bali melakukan peningkatan ruas jalan Kintamani-Singaraja, maka Pemkab Bangli usulkan jalan yang terkoneksi dengan ruas jalan tersebut atau jalan tersebut merupakan jalan penghubung ke objek wisata. “Pemerintah pusat punya pandangan tentang asas manfaat,” ungkap Wayan Lega, Minggu (17/7).

Wayan Lega menduga Bangli ditetapkan sebagai lokasi prioritas DAK jalan 2023 karena realisasi dan pelaporan kegiatan sebelumnya berjalan lancar. “Pontensi yang dimiliki Bangli salah satunya kawasan Batur Unesco Global Geopark, perlu didukung infrastruktur jalan yang memadai,” ungkap Wayan Lega. *esa

Komentar