nusabali

SMAN 1 Amlapura Gelar Tes IQ Online

  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-gelar-tes-iq-online

AMLAPURA, NusaBali
SMAN 1 Amlapura kembali menyelenggarakan tes IQ (intelligent quotient) atau tingkat kecerdasan melalui psikotes, Sabtu (16/7).

Tes IQ online diikuti 433 siswa. Tes IQ melibatkan Profesional Testing Psikologi dan Konseling Denpasar dipimpin Prof Dr Ketut Dharsana MPd Kons. Tujuannya untuk mengukur kemampuan akademis siswa dan mendiagnosis masalah intelektual siswa.

Kasek SMAN 1 Amlapura, I Ketut Marta Ariana, menegaskan tes IQ penting untuk mengetahui tingkat kecerdasan siswa agar tahu bakat dan hobinya sehingga memudahkan pembinaan. Hasil tes IQ nanti dikelompokkan IQ 70-79 tergolong rendah masih dalam batas normal, 91-110 tergolong normal atau rata-rata, 111-120 tergolong tinggi dalam kategori normal, 121-130 tergolong superior, 131-140 tergolong genius dan 140-169 sangat genius.

“Jangan sampai siswa genius bergabung dengan siswa yang IQ di bawah rata-rata sehingga tidak bisa mengikuti pelajaran,” ungkap Marta Ariana, Minggu (17/7). Apalagi saat ini sudah memulai pembelajaran tatap muka secara penuh sehingga lebih optimal membina siswa yang berbakat di bidangnya masing-masing. *k16

Komentar