nusabali

Klungkung Dapat Tambahan 1.000 Vaksin PMK

  • www.nusabali.com-klungkung-dapat-tambahan-1000-vaksin-pmk

SEMARAPURA, NusaBali
Tim Satgas Penanganan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) Klungkung menggencarkan vaksinasi untuk ternak khususnya sapi.

Setelah mendatangi satu per satu kandang ternak warga, dalam sepekan petugas berhasil menyuntikkan 1.879 vaksin dari jatah 2.000 vaksin. Selanjutnya, Tim Satgas bersama TNI/Polri masih turun di lapangan untuk menyukseskan vaksinasi PMK. Bahkan, Klungkung kembali mengajukan penambahan vaksinasi PMK 1.000 dosis dan dialokasikan pada Senin (18/7) ini. "Sudah 1.879 ekor sapi sudah kami vaksinasi di Klungkung. Kami juga akan mendapatkan tambahan lagi 1.000 vaksin PMK," ujar Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida, yang juga anggota Satgas PMK Klungkung, Minggu (17/7).

Tim Satgas PMK Klungkung mulai mendistribusikan vaksin untuk ternak sapi, sejak Selasa (12/7). Untuk saat ini Klungkung sudah mendapatkan 2.000 vial vaksin. "Kami berharap nantinya semua ternak sapi mendapatkan vaksinasi agar terlindungi dari PMK," ujar Juanida. Kata dia, populasi sapi di Klungkung sekitar 40.000 ekor.

Jelas dia, vaksinasi teranyar menyasar 26 ekor sapi di Desa Tojan, Kecamatan Klungkung, Minggu (17/7), oleh Tim Satgas bersama Bhabinkamtibmas Desa Tojan Aiptu I Ketut Narta. "Semua sapi yang divaksinasi dalam keadaan sehat," kata Juanida.

Aiptu Narta mengimbau kepada para kelompok ternak sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang dan orang. Sesering mungkin juga menyemprotkan disinfektan agar sapi terhindar dari PMK. *wan

Komentar