nusabali

BMKG Sebut Potensi Rob di Denpasar Menurun

  • www.nusabali.com-bmkg-sebut-potensi-rob-di-denpasar-menurun

Berdasar prakiraan BBMKG Wilayah III, secara umum saat ini ketinggian air di perairan Denpasar menurun menjadi 3,5 meter sedangkan pada Sabtu (16/7) menyentuh 4 meter.

DENPASAR, NusaBali

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar menyatakan potensi bencana banjir laut pasang (rob) di Bali khususnya di Denpasar, menurun setelah bencana itu terjadi di perairan Kabupaten Gianyar pada Sabtu (16/7/2022).

“Potensi rob di wilayah Denpasar kami lihat sudah menurun gelombang maupun anginnya, namun apabila ada yang signifikan kami akan segera buat peringatan dininya,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III I Nyoman Gede Wiryajaya, di Denpasar, Minggu kemarin.

Sebelumnya Wirya menjelaskan bahwa pemantauan tak berfokus hanya pada perairan atau penyeberangan di Denpasar, namun menyeluruh di Bali bagian selatan per 12 – 17 Juli 2022, karena tiap wilayah diprediksi memiliki waktu terjadi yang berbeda-beda.

“Peringatan ini khusus untuk perairan Bali bagian selatan mulai dari pantai Pulukan (Jembrana), Pekutatan (Jembrana), Soka (Tabanan), Kuta (Badung), Sanur (Denpasar),” kata Wirya kepada media.

Untuk kejadian susulan rob, pihak BMKG Bali menyatakan belum mendapat informasi, bahkan secara umum saat ini ketinggian air di perairan Denpasar menurun menjadi 3,5 meter sedangkan pada Sabtu (16/7) menyentuh 4 meter.

Selain itu kecepatan angin yang pada Sabtu (16/7) mencapai 20 knot kini berada di angka 18 knot. Angka ini dinilai belum signifikan atau ekstrem karena belum mencapai 25 knot. Dengan penurunan ini BMKG berharap kondisi akan membaik.

Wirya menjelaskan penyebab dari terjadinya bencana di perairan tersebut yaitu gelombang melalui angin yang bertiup dari Australia menuju Asia dan kondisi pasang surut secara astronomis mempengaruhi.

Meskipun pada Minggu kemarin potensi bencana menurun, BMKG tetap mengimbau masyarakat untuk mewaspadai segala kemungkinan seperti gelombang tinggi, angin kencang, dan cuaca hujan yang masih berlangsung walaupun tengah memasuki musim kemarau.

“Di beberapa wilayah masih ada hujan dengan intensitas yang sedang sampai tinggi. Sebenarnya sekarang musim kemarau, dari 15 zona musim yang ada di Bali, ada 12 zona yang sudah masuk musim kemarau, tapi Bali tengah dua zona belum masuk dan di daerah Bali Barat satu belum,” ujar Wirya.

Selain itu khususnya bagi nelayan yang sehari-hari di laut, pihaknya berharap agar secara rutin mencari informasi yang dapat dipertanggungjawabkan dari BMKG agar tak menerima berita bohong dan tetap waspada dengan potensi bencana di laut. *ant

Komentar