nusabali

Walikota Denpasar Apresiasi Kegiatan Yowana Berbasis Seni dan Budaya

  • www.nusabali.com-walikota-denpasar-apresiasi-kegiatan-yowana-berbasis-seni-dan-budaya

DENPASAR, NusaBali.com – Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, mengapresiasi kegiatan para yowana (pemuda) yang mengedepankan pelestarian dan pengembangan seni dan budaya di Kota Denpasar.

Menurut Gung Jaya, kegiatan yowana seperti lomba bapang barong, makendang, baleganjur, dan lainnya secara tidak langsung sudah mendukung visi Kota Denpasar untuk menjadi kota kreatif berbasis budaya untuk memajukan Denpasar.

Hal ini disampaikan oleh walikota asal Penatih itu kepada tim NusaBali.com saat membuka acara lomba bapang barong, makendang tunggal, dan baleganjur serangkaian hari ulang tahun ke-46 Sekaa Teruna Brahmacarya, Banjar Puseh Kangin, Desa Adat Intaran, Sanur, Sabtu (16/7/2022) sore di Lapangan Serbaguna Yayasan Pembangunan Sanur.

“Yang jelas kami apresiasi dan bangga dengan Sekaa Teruna Brahmacarya yang telah melaksanakan lomba ini karena secara tidak langsung mendukung visi kami menjadikan Denpasar kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar maju,” tutur Gung Jaya.
 
Sanjungan itu disampaikan bukannya tanpa alasan, mengingat Kota Denpasar berhasil mengukir prestasi di Pesta Kesenian Bali XLIV, di mana Kota Denpasar mampu mendominasi 9 dari 15 lomba yang diadakan di ajang tahunan para seniman se-Bali itu.

“Mengapa sampai berterima kasih? Karena di PKB, Denpasar bisa jadi juara di bapang barong, makendang, baleganjur, dan tentu di samping memberi ruang kreativitas bagi generasi muda, kami juga dapat mencari bibit dari sini,” ungkap pria yang pernah menjabat Wakil Walikota Denpasar selama dua periode itu.

Gung Jaya pun menjelaskan bahwa Kota Denpasar mempunyai even tahunan seperti baleganjur dan sketsa ogoh-ogoh yang diadakan di Gedung Dharma Negara Alaya, namun dengan adanya inisiatif pemuda seperti Sekaa Teruna Brahmacarya ini, pihaknya menjadi terbantu dengan adanya medium tambahan untuk kegiatan pemuda yang positif. *rat

Komentar