nusabali

Polda Perketat Pengamanan Pintu Masuk BNDCC

  • www.nusabali.com-polda-perketat-pengamanan-pintu-masuk-bndcc

MANGUPURA, NusaBali
Pertemuan 3rd Finance Minister and Centra Bank Governors (FMCBG) dan 3rd Finance and Central Bank Deputies (FCBD) Meeting Presidensi G-20 yang digelar di BNDCC, Kawasan Nusa Dua, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung pada Rabu 13/7) mendapat pengamanan ketat aparat kepolisian.

Semua pintu masuk ke dalam kawasan elite itu harus melalui pemeriksaan anggota Direktorat Pamobvit Polda Bali.  Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan Polda Bali juga menyiagakan personel di seputaran tempat pembukaan kegiatan. Di pintu-pintu masuk petugas melakukan pemeriksaan menggunakan peminday logam atau X-Ray.

"Hal ini dilakukan untuk menjamin tidak adanya barang atau bahan berbahaya yang masuk ke area kegiatan sehingga kegiatan FMCBG  FCBD Meeting Presidensi G-20 Iini dapat berjalan dengan lancar," ungkap Kombes Bayu.

Sehari sebelumnya, Wakapolda Bali Brigjen Pol I Ketut Suardana pimpin apel gelar pasukan yang diikuti 1.550 personil Polda Bali. Ribuan personil ini akan siaga selama delapan hari sampai dua kegiatan penting itu usai. Selain personil Polda Bali, pengamanan juga melibatkan 90 personil TNI baik TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Setidaknya ada tiga arahan penting Wakapolda untuk personilnya yang terlibat dalam operasi ini. Pertama, mematuhi SOP tahapan operasi sehingga situasi yang berkembang di lapangan itu diantisipasi dengan cepat. Kedua, penguatan Predictive Policing (pemolisian prediktif) dan early warning. Menurutnya, potensi ancaman bisa berubah. Oleh karena itu harus siap dan bisa mengantisipasi. Ketiga, jangan underesimate. *pol

Komentar