nusabali

3.884 Siswa Ikuti MPLS Tingkat SMP

  • www.nusabali.com-3884-siswa-ikuti-mpls-tingkat-smp

BANGLI, NusaBali
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)  siswa baru tingkat  SMP di Kabupaten Bangli  memasuki hari kedua. Sebanyak 3.884 siswa baru yang mengikuti MPLS.

Namun ada 52 siswa lulus SD yang belum terdeteksi melanjutkan sekolah. Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora)  Bangli I  Komang Pariartha didampingi Kabid Pendidikan Dasar I Gede Wirajaya mengatakan, lulusan SD sebanyak 3.948 orang. Melanjutkan ke jenjang SMP sebanyak 3.896 orang. Ada juga yang melanjutkan ke Karangasem dan Buleleng karena tempat tinggal siswa lebih dekat menjangkau sekolah di luar Bangli. "Ada 10 siswa melanjutkan di Karangsem dan 2 orang di Buleleng," jelas Komang Pariartha, Selasa (12/7).

Masih ada 52 siswa lulusan SD yang belum terdeteksi. Apakah melanjutkan ke luar daerah atau memang tidak melanjutkan sekolah. Disdikpora Bangli akan melakukan pendataan kembali. "Kami akan lakukan pendataan ke sekolah-sekolah,” imbuh Gede Wirajaya. Siswa yang tidak melanjutkan pendidikan diharapkan bisa meneruskan pendidikannya.

Sementara itu pelaksanaan MPLS di hari kedua berjalan lancar dan sesuai perencanaan. Materi yang ditekankan dalam MPLS,  semuanya mengacu Kurikulum Merdeka. Disdikpora menekankan agar sekolah melakukan pengawasan pelaksanaan MPLS. "Kami minta MPLS lebih fokus pada  pengenalan siswa pada lingkungan sekolah, sarana kesehatan dan sarana sekolah,” tegasnya.

Dipastikan Bangli bebas dari kekerasan atau perploncoan.  "Kami tentu akan melakukan pengawasan ke sekolah-sekolah selama pelaksanaan MPLS ini. Kami langsung turun ke sekolah-sekolah," ujar . *esa

Komentar