nusabali

Penyerahan TPG di Jembrana, Kasek Dipacu Tingkatkan Mutu Pendidikan

  • www.nusabali.com-penyerahan-tpg-di-jembrana-kasek-dipacu-tingkatkan-mutu-pendidikan

NEGARA, NusaBali
Bupati I Nengah Tamba meminta kepada para kepala sekolah (kasek) SD dan SMP se-Kabupaten Jembrana untuk terus berinovasi dan berpacu dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Terlebih saat ini telah memasuki tahun ajaran baru 2022/2023 yang juga diiringi pemberlakuan Kurikulum Merdeka yang menuntut profesionalisme dari masing-masing satuan pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tamba di sela-sela penyerahan simbolis tunjangan profesi guru (TPG) triwulan II tahun 2022. Penyerahan simbolis TPG dengan nilai total Rp 11.006.513.752 atau Rp 11 miliar lebih itu, diserahkan kepada Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Jembrana I Ketut Tastra.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Jembrana I Made Budiasa, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jembrana I Komang Wiasa, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikpora) Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra, serta para kasek SMP se-Jembrana.

“Secara prinsip, hak rekan-rekan semua sudah diberikan tepat waktu. Saya ingin antara hak dan kewajiban itu seimbang. Jadi di tahun ajaran baru ini, tingkatkan kinerja ke arah yang lebih baik lagi. Khususnya dalam meningkatkan mutu pendidikan sehingga anak-anak didik memperoleh pendidikan yang baik,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba meminta kepada para kasek sebagai leader, harus mampu dan handal dalam memanage ataupun mengatur setiap kegiatan. Begitu juga memanage perangkat di dalam lingkungan sekolah yang dipimpin untuk memberikan yang terbaik kepada para anak didik.

“Jika fungsi tersebut sudah dilakukan dengan baik, saya yakin sekali akan berpengaruh positif terhadap keseluruhan kegiatan sekolah dan juga perangkat sekolah. Mulai dari suasana belajar mengajar yang kondusif, prestasi akademik, hingga meningkatnya kinerja dari guru yang mengajar,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga mengapresiasi proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran baru 2022/2023 di Kabupaten Jembrana yang berlangsung dengan lancar. Diharapkan ke depan mutu pendidikan di Jembrana semakin baik dan mencetak generasi-generasi muda yang handal dalam menyongsong kemajuan Gumi Makepung.

Sementara Ketua MKKS SMP Kabupaten Jembrana I Ketut Tastra mengatakan, terima kasih kepada Pemkab Jembrana terkhusus kepada Bupati Tamba atas ketepatan pencairan TPG triwulan II tahun ini. Dirinya bersama para kasek lainnya, akan meneruskan arahan Bupati kepada para guru.

“Arahan Bupati tadi, tentu akan kami sampaikan kepada jajaran guru yang ada di masing-masing sekolah. Khususnya bagaimana berpacu lebih keras dalam memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak didik di Jembrana,” ujar Tastra yang juga Kasek SMPN 1 Negara. *ode

Komentar