nusabali

Desa Adat Kesiman Siapkan Lokasi dan Upakara Jelang Festival Layangan

  • www.nusabali.com-desa-adat-kesiman-siapkan-lokasi-dan-upakara-jelang-festival-layangan

DENPASAR, NusaBali
Desa Adat Kesiman, Denpasar Timur memberi perhatian serius kepada pecinta layangan.

Perhatian tersebut berupa penyiapan lokasi dan upacara menjelang festival layangan yang rencananya diadakan di Pantai Padanggalak, Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur pada Juli hingga Oktober 2022 mendatang.

Bendesa Adat Kesiman I Ketut Wisna saat dikonfirmasi, Selasa (12/7),  mengatakan Desa Adat Kesiman sangat mendukung dan menyukseskan event panjang selama tahun 2022 ini mulai dari Juli hingga Oktober mendatang.

“Kami lakukan proses mulai dari penataan pesisir Padanggalak. Kemudian upakaranya, kebersihan, pengamanan, pedagang, dan lain sebagainya sudah kami persiapkan dari desa adat untuk menyukseskannya,” ujar Ketut Wisna.

Adapun event yang sudah dan akan digeber di Pantai Padanggalak itu mulai dari Event Biaung Kite Festival pada 2 – 3 Juli, kemudian Event Bayu Bajra pada 9 – 10 Juli, Pelangi Bali pada 16 – 17 Juli.

Selain itu ada Kubu Gredeg pada 23 – 24 Juli, Gajah Mina pada 13 – 14 Agustus, Cool and Sejuk pada 3 – 4 September. Yowana Adat Kesiman pada 17 – 18 September, Madya Peliatan pada 10 – 11 September.

Abirama Pagutan pada 24 – 25 September, Rockiller pada 1 – 2 Oktober, dan Wild Lizard Kite Festival #2 pada 15 – 16 Oktober. “Semua unsur kelembagaan desa adat nanti terlibat dalam menyukseskan event layangan tersebut,” ucap Ketut Wisna.

Fasilitas pendukung juga disiapkan pihak desa adat seperti toilet, air bersih, parkir, dan petugas kebersihan. Menurut Ketut Wisna ini adalah bentuk kerjasama yang baik antara penyelenggara event dengan Desa Adat Kesiman.

“Yang mengadakan event hanya mapunia ke desa, sedangkan pengelolaan pedagang dan parkir ke desa adat. Yang punya event tinggal bawa sound dan perangkatnya. Ini salah satu bentuk kerjasama yang baik,” tandasnya. *mis

Komentar