nusabali

Denpasar Rancang KPBU untuk Tata Penerangan Jalan dan Atur Kabel Internet

  • www.nusabali.com-denpasar-rancang-kpbu-untuk-tata-penerangan-jalan-dan-atur-kabel-internet

DENPASAR, NusaBali.com – Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, mengakui jalanan di Kota Denpasar masih gelap dan banyak menggunakan lampu penerangan tua. Sebagian besar dari dana perawatan yang diserap oleh keberadaan lampu-lampu penerangan tersebut adalah karena kondisinya yang sudah tidak lagi prima.

“Memang sekarang kami belum bisa berbuat banyak karena PAD (Pendapatan Asli Daerah) kami turun drastis sampai Rp 450 miliar, namun karena urusan jalan merupakan salah satu skala prioritas, ada tidak ada dana, memang pemerintah menyiapkan berbagai skema yang ada,” jelas Jaya Negara di hadapan civitas akademika Universitas Mahasaraswati Denpasar, Selasa (12/7/2022) pagi saat mengisi kuliah umum.

Menurut Jaya Negara, Pemerintah Kota Denpasar akan menyiapkan skema atau konsep kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) atau pihak lain, di mana nantinya pihak pemerintah kota tidak perlu mengeluarkan dana dari kerjasama tersebut.

“Jadi, sumber pembayarannya nanti didapat dari pajak yang diterima dari PLN, dan nanti kita akan ganti semua lampu penerangan jalan yang ada di Denpasar dengan lampu LED,” ungkap pria yang baru menjabat Walikota Denpasar sejak tahun lalu itu.

Selain penerangan jalan, pihaknya juga akan menertibkan kabel-kabel penyedia jaringan internet yang semrawutan dan sering mengganggu kegiatan adat dan keagamaan di Denpasar, seperti misalnya pada saat upacara ngaben.

Dengan konsep KPBU yang diperkuat peraturan daerah, kabel-kabel internet tersebut akan ditanam dan pembiayaannya akan ditanggung para penyedia jaringan internet.

“Coba kita kalau langganan wi-fi, satu bulan itu bisa mencapai Rp 400 ribu tetapi mereka tidak pernah membayarkan apa pun kepada pemerintah, hanya memasang kabel saja,” tegas pria yang akrab disebut Gung Jaya itu.

Pihaknya berharap rancangan ini sudah bisa diwujudkan pada tahun 2023 sehingga kemajuan Kota Denpasar semakin cepat bisa dirasakan masyarakat. *rat

Komentar