nusabali

Tahun Ajaran Baru Dimulai, SMA/SMK Gelar MPLS

  • www.nusabali.com-tahun-ajaran-baru-dimulai-smasmk-gelar-mpls

DENPASAR, NusaBali
Tahun pelajaran 2022/2023 dimulai serentak pada Senin (11/7). Pada hari pertama masuk sekolah, siswa baru di sekolah negeri mendapat pembekalan melalui kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah.

SMA Negeri 2 Denpasar melaksanakan MPLS selama tiga hari. Pada PPDB yang baru saja berakhir, sekolah beralamat di Jalan Sudirman, Denpasar, mendapatkan siswa sebanyak 327 siswa.

Siswa baru diperkenalkan dengan para guru dan tenaga kependidikan serta diajak berkeliling mengenal berbagai fasilitas penunjang sekolah. Selain kegiatan tersebut, para murid baru juga akan mengikuti beragam seminar dan kegiatan lainnya dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari luar seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Denpasar, Badan Narkotika Nasional (BNN) Bali, hingga kepolisian (Polresta Denpasar).

“Tujuannya melatih karakter, kedisiplinan, mengenal lingkungan dan peraturan sekolah,” kata Kepala Sekolah SMAN 2 Denpasar Drs Ida Bagus Sueta Manuaba MPd, ditemui di sekolahnya.

Manuaba menuturkan, guru dan siswa yang tergabung dalam OSIS dan MPK, berkolaborasi dalam menyelenggarakan MPLS. Selepas mengikuti MPLS nanti para siswa baru juga akan mengikuti konseling minat dan bakat untuk membimbing siswa menentukan jurusan dan mata pelajaran yang akan diambil selama bersekolah nanti.

Dia pun menyebut jika sekolahnya mulai tahun ajaran ini akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, yang akan diberikan kepada siswa kelas X, sementara siswa kelas XI dan XII untuk sementara masih akan menggunakan Kurikulum 2013.

“Mulai tahun ajaran baru ini kami menerapkan Kurikulum Merdeka jalur mandiri (mandiri berubah),” ungkap Manuaba. Sementara di SMK Negeri 2 Denpasar, MPLS akan berlangsung selama empat hari. Setelah diperkenalkan dengan para guru dan tenaga kependidikan, para murid baru diperkenalkan dengan sarana dan prasarana serta lingkungan sekolah.

Setelahnya banyak kegiatan telah disiapkan pihak sekolah. MPLS SMKN 2 Denpasar yang beralamat di Jalan Pendidikan, Desa Sidakarya, Denpasar Selatan, juga akan ada pemaparan materi dari KPU Denpasar. Selain itu juga ada pelatihan soft skill, pelatihan baris berbaris, membuat produk kreatif, hingga persembahyangan bersama (tirta yatra).

Kepala Sekolah SMKN 2 Denpasar Drs I Dewa Bagus Ketut Wartawan, menuturkan sebanyak 320 siswa mengikuti MPLS. Semua kegiatan dalam MPLS bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa dan mempersiapkan mereka untuk menempuh pendidikan selama tiga tahun mendatang.  “Tidak ada lagi perpeloncoan,” tegas Dewa Wartawan. *cr78

Komentar