nusabali

BWS Bali-Penida Sarankan Lubangi Akses Menuju Pulau Peninsula

  • www.nusabali.com-bws-bali-penida-sarankan-lubangi-akses-menuju-pulau-peninsula

MANGUPURA, NusaBali
Abrasi di Pantai Selagan yang berada di kawasan The Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, terjadi hampir di setiap tahun.

Untuk mengantisipasi abrasi semakin parah, Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida menyarankan pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola untuk ‘melubangi’ akses menuju Pulau Peninsula.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai Pantai II, Gede Lanang Sunu Perbawa, mengatakan lokasi yang kerap abrasi itu memang harus dibuatkan semacam lubang atau gorong-gorong dengan menggunakan box. Dengan begitu akses menuju Pulau Peninsula akan seperti jembatan. “Jadi di sana dibuatkan akses itu (lubang),” katanya, Senin (11/7).

Dijelaskan, pembuatan gorong-gorong dimaksud untuk menjaga pergerakan air laut, sehingga tidak mengikis pasir pantai. “Seperti sekarang, pasir Pantai Selagan yang tergerus, kemudian terbawa ombak dan terkumpul di titik-titik lain,” ucap Perbawa.

Menurut Perbawa, usulan ini sudah pernah disampaikan kepada pihak ITDC, termasuk saat pertemuan terkait rencana pelaksanaan Bali Beach Conservation Project (BBCP) Phase II. Menurut dia, itu adalah salah satu solusi alternatif guna mengamankan pasir Pantai Selagan tanpa membangun struktur baru seperti breakwater.

“Akses tersebut memang harus dimodifikasi agar tidak menutup. Tapi seperti apa bentuknya, itu tentu tetap harus ada kajian teknisnya,” kata Perbawa.

Terkait saran dari pihak BWS Bali-Penida itu, Managing Director The Nusa Dua ITDC I Gusti Ngurah Ardita, belum bisa dimintai komentar. Beberapa kali dihubungi belum ada jawaban. *dar

Komentar