nusabali

11.799 Siswa Baru Ikuti MPLS

MPLS Tingkat Kabupaten Badung Dipusatkan di SMPN 2 Kuta

  • www.nusabali.com-11799-siswa-baru-ikuti-mpls

Pelaksanaan MPLS harus dikemas dengan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif, dilarang perpeloncoan.

MANGUPURA, NusaBali

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tingkat Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2022-2023, dimulai pada Senin (11/7). MPLS tingkat kabupaten yang dipusatkan di SMPN 2 Kuta dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Kabupaten Badung I Nyoman Sujendra.

Turut hadir Kepala Disdikpora Kabupaten Badung I Gusti Made Dwipayana, Sekcam Kuta I Made Agus Suantara, Lurah Seminyak I Putu Gede Adhi Karmita, Kepala SMPN 2 Kuta I Made Sujana, anggota Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP, anggota Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3D) SD.

Mewakili Bupati Badung, Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Kabupaten Badung I Nyoman Sujendra, mengatakan pelaksanaan MPLS bagi siswa baru ini merupakan momentum penting, karena merupakan ajang adaptasi, sehingga siswa baru tidak merasa asing dengan lingkungannya. Lantaran merupakan ajang memperkenalkan lingkungan sekolah, diharapkan pelaksanaan MPLS harus dikemas dengan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif.

“Melalui kegiatan yang bersifat edukasi dan kreatif diharapkan dapat mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan, sehingga pada akhirnya berdampak positif dan sangat signifikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Badung,” kata Sujendra.

Dia berharap pelaksanaan MPLS tahun ini sesuai dengan motto, yakni ‘Edukatif, Kreatif dan Menyenangkan Sebagai Nafas Pelaksanaan Pengenalan Sekolah Bagi Siswa Baru di Badung’. “Saya harapkan pelaksanaan MPLS dapat menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik baru,” harapnya.

Sementara itu Kadisdikpora Badung I Gusti Made Dwipayana, mengatakan tujuan pelaksanaan MPLS ini di antaranya untuk mengenal potensi diri siswa baru, membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru. “Selain itu juga untuk mengembangkan interaksi positif antara siswa dan warga sekolah lainnya,” ujarnya sembari mengingatkan agar pelaksanaan MPLS bersifat perpeloncoan atau tindak kekerasan lainnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan MPLS tingkat Kabupaten Badung akan berlangsung hingga Rabu (13/7). Adapun peserta MPLS bagi siswa baru di Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2022/2023, SMP negeri sebanyak 6.059 orang, SMP swasta sebanyak 1.062, sedangkan jumlah siswa SD sebanyak 4.678 orang. *asa

Komentar