nusabali

Kintamani Kini 'Bergairah' Kembali

  • www.nusabali.com-kintamani-kini-bergairah-kembali

Dua tahun lebih sepi, kawasan wisata terkenal  di Bangli yakni Kintamani, sudah ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wistawan manca negara (wisman).

Seperti yang terlihat di kawasan Penelokan, Kintamani, Sabtu (9/7). Puluhan wisatawan menikmati keindahan panorama Gunung dengan Danau Batur. Kedatangan wisatawan benar- benar dirasa menggairahkan pariwisata Kintamani.

“Sudah empat bulan buka, namun ramai baru sebulan,” ujar Ni Ketut Ratmi, seorang pedagang yang berjualan di sekitar. Menurut Ratmi, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan manca negara sudah sama-sama semakin ramai.

“Astungkara, dapatlah sekarang tiyang (saya) nang tuah kilo,” ucap Ratmi. Maksud dia, sejak wisatawan mulai ramai ke Kintamani, khususnya ke Penelokan, Ratmi sudah mendapatkan penghasilan minimal untuk keperluan sehari- hari berjualan di Penelokan.

Selain Ratmi yang berjualan camilan, dan minuman ringan, ada pedagang lain seperti pedagang suvenir yang juga mulai berjualan.

“ Nggih wenten saja (Ya dapat saja),” sahut seorang pedagang suvernir, tentang meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kintamani. *K17

Komentar