nusabali

Pembekalan MPLS SMA/SMK Direncanakan Selama Tiga Hari

  • www.nusabali.com-pembekalan-mpls-smasmk-direncanakan-selama-tiga-hari

AMLAPURA, NusaBali
Pembekalan jelang MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) SMA/SMK di Karangasem digelar pada Jumat (8/7).

MPLS direncanakan selama tiga hari pada tanggal 11-13 Juli. Kasek SMKN 1 Kubu I Nyoman Suarsana mengatakan, MPLS diikuti 531 siswa kelas X terbagi empat jurusan yakni tata boga, akuntansi, teknik komputer jaringan, dan teknik bisnis sepeda motor.

Nyoman Suarsana mengatakan, MPLS merupakan momentum terbaik untuk pengenalan kondisi, potensi, sarana dan prasarana, kultur budaya sekolah, dan disiplin sekolah sesuai amanat Permendikbud Nomor 18 tahun 2016. Tujuannya untuk mengenal potensi siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, mengetahui fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah. Memotivasi semangat dan cara belajar yang efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi antar siswa dan warga sekolah. “MPLS selama tiga hari, selanjutnya memulai proses belajar mengajar tatap muka,” kata Nyoman Suarsana, Minggu (10/7).

Ketua MKKS SMKN Karangasem yang juga Kasek SMKN 1 Amlapura I Wayan Artana mengaku telah memberikan pembekalan kepada siswa kelas X. “Kami telah siap menggelar MPLS selama tiga hari pada tanggal 11-13 Juli. Semua siswa kelas X telah siap mengikuti MPLS karena telah kami berikan pembekalan,” jelas Wayan Artana. Disebutkan, di Karangasem ada 6 SMK negeri dan 6 SMK swasta. “Semua SMK di Karangasem telah siap menggelar MPLS,” tegas Wayan Artana yang juga Baga Parahyangan Desa Adat Bugbug, Kecamatan Karangasem ini.

Kasek SMAN Bebandem I Nengah Miyasa mengaku telah merekrut 287 siswa. Sebanyak 287 siswa yang direkrut mengikuti MPLS terbagi 8 rombongan belajar. MPLS digelar dari tanggal 11-13 Juli 2022. Kasek SMK Giri Pendawa Kecamatan Rendang I Putu Gede Arimbawa juga mengaku telah siap menggelar MPLS yang diikuti 54 siswa kelas X. “Kami bersyukur, jumlah siswa kelas X meningkat dibandingkan tahun lalu hanya 36 siswa” ungkap Arimbawa. *k16

Komentar