nusabali

Masjid Baiturrahmah Kampung Jawa Potong 37 Hewan Kurban

  • www.nusabali.com-masjid-baiturrahmah-kampung-jawa-potong-37-hewan-kurban

DENPASAR, NusaBali.com - Panitia Penerimaan dan Penyaluran Hewan Kurban Masjid Raya Baiturrahmah Denpasar, menyembelih 37 hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1443 Hijriah, Minggu (10/7/2022).

Ketua Panitia Penerimaan dan Penyaluran Hewan Kurban Masjid Raya Baiturrahmah di Dusun Wanasari (Kampung Jawa) Denpasar,  Haji Abdul Hakim mengatakan jumlah hewan kurban mencapai 37 ekor dengan rincian sapi 3 ekor dan kambing 34 ekor.
 
Jumlah tersebut, kata dia, berbeda pada perayaan Idul Adha tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.
 
"Untuk tahun ini terjadi penurunan yang signifikan. Sebelum Covid-19 melanda, jumlah hewan kurban yang panitia terima mencapai 60 hingga 70 ekor," kata Haji Abdul Hakim.

Dia menilai kurangnya jumlah hewan kurban pada perayaan Idul Adha tahun 2022 dipengaruhi oleh faktor ekonomi umat yang sementara mengalami pemulihan akibat Covid-19 dan juga ada yang berkorban di tempat lain.
 
Terkait wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Haji Abdul Hakim mengatakan hewan kurban yang disembelih dijamin tidak terpapar penyakit yang menimpa hewan seperti sapi.
 
"PMK itu penyakit nasional, di wilayah Bali memang sudah banyak kasus. Di Masjid Baiturrahmah, setiap pekan panitia berkoordinasi dengan petugas tim dari dinas peternakan dan kesehatan untuk mengontrol kelayakan hewan korban yang akan disembelih," kata ketua panitia pelaksana penerimaan hewan kurban Masjid Baiturrahmah Denpasar.
 
Bahkan, kata Haji Abdul Hakim, sebelum penyembelihan pun hewan kurban diperiksa kembali oleh petugas dari dinas kesehatan.
 
"Panitia hanya menerima hewan kurban  sebelum pelaksanaan guna menghemat biaya operasional perawatan dan memberi makan. Sementara, calon hewan kurban biasanya dibeli sendiri oleh calon pemberi di pasar hewan," kata dia.
 
Hewan kurban yang disembelih berasal dari berbagai kalangan masyarakat luas di Bali dan akan disalurkan kepada umat yang ada di sekitar Masjid Baiturrahmah.
 
Haji Abdul hakim berharap daging kurban itu dapat bermanfaat bagi umat Muslim di sekitar Baiturahmah. *ant


Komentar