nusabali

Indonesia Usung Isu Pengelolaan Air Atasi Krisis Pangan di WWF 2024

  • www.nusabali.com-indonesia-usung-isu-pengelolaan-air-atasi-krisis-pangan-di-wwf-2024

JAKARTA, NusaBali - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Indonesia akan menyuarakan optimalisasi pengelolaan air untuk meningkatkan produksi pangan dalam Forum Air Dunia (World Water Forum/WWF) ke-10 di Bali pada 2024, guna menghadapi ancaman krisis pangan.

“Seperti disampaikan Bapak Presiden (Joko Widodo), kita menghadapi dua krisis, krisis energi dan pangan. Kalau pangan, harus ada avalaibility food, salah satu menanganinya dengan ketersediaan air,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam ‘National Stakeholders Forum: 10th World Water Forum First Announcement’ di Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Dalam produksi pangan, terutama padi, kata Menteri Basuki, terdapat lima komponen produksi yakni pupuk, benih, tanah, petani, dan air. Kontribusi air sebesar 18 persen dalam rantai produksi tersebut.

“Air ini hanya 18 persen untuk produksi pangan, tapi kalau yang 18 persen ini tidak ada, semua jadi nol. Jadi saya kira ini penting, sentral sekali, air dalam produksi pangan untuk jamin ketersediaan pangan,” ujar Menteri Basuki.
Selain untuk pangan, lanjutnya, Indonesia juga akan mengusung agenda pengelolaan air untuk memitigasi bencana alam dan dampak krisis iklim dalam World Water Forum (WWF) 2024.

“Pesan Bapak Presiden, kita ambil semua keilmuan mengenai air. Ini festival terbesar dalam pengelolaan air. Jadi kita ambil sebanyak-banyaknya manfaat tentang pengelolaan sumber daya air,” katanya. 

Menteri Basuki mengatakan dalam WWF 2024 akan terdapat 100.000 delegasi dari 172 negara. Hal itu diyakini akan meningkatkan pertumbuhan pariwisata dan UMKM di Bali dan sekitarnya.

“Ini bisa membawa dampak ekonomi yang besar bagi pariwisata,” imbuhnya.
Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Forum Air Dunia 2024 dalam penyelenggaraan WWF ke-9 di Dakar, Senegal, pada 19 Maret 2022, dimana Indonesia memperoleh 30 suara dari total 36 suara Dewan Gubernur (Board of Governors) World Water Council.

WWF 2024 direncanakan berlangsung pada 3 Juni 2024 selama sepekan di Bali. 7 ant

Komentar