nusabali

Satpol PP Datang, Gepeng Lari Kocar Kacir

Lima Berhasil Diamankan Saat Terjebak di Kerumunan Pengendara

  • www.nusabali.com-satpol-pp-datang-gepeng-lari-kocar-kacir

MANGUPURA, NusaBali - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung menangkap lima orang gelandang dan pengemis (gepeng) yang sedang beraksi di Simpang Nakula dan perempatan Imam Bonjol pada Kamis (7/7) sore.

Mirisnya saat dilakukan penangkapan, mereka berusaha melarikan diri. Untungnya, mereka berhasil diamankan.

Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan diamankannya lima gepeng tersebut saat petugas melakukan pemantauan rutin di sejumlah lokasi yang ada di Badung selatan. Dalam pemantauan itu petugas menemukan sejumlah gepeng yang sedang melancarkan aksinya di Simpang Nakula dan juga perempat Imam Bonjol. “Saat tim melakukan penangkapan, para gepeng ini berusaha melarikan diri di tengah kerumunan pengendara. Untungnya berhasil diamankan lima orang,” katanya.

Suryanegara mengatakan, keberadaan para gepeng terus dipantau petugas, ini semata-mata untuk tidak memberikan celah mereka turun ke jalan-jalan. Terlebih sebentar lagi akan dilaksanakan event internasional, yaitu KTT G-20. Sejumlah titik yang dianggap rawan atau kerap dijadikan titik nongkrong, mendapat perhatian khusus. “Penangkapan lima gepeng ini  bukan karena razia atau giat khusus. Namun, karena sedang patroli rutin. Makanya kita temukan mereka sedang beraksi,” kata Suryanegara.

Saat ini, para gepeng masih menjalani pembinaan oleh petugas. Nantinya akan diserahkan ke Dinas Sosial untuk dipulangkan ke kampung halaman mereka. “Saat ini kita masih sebatas pembinaan saja. Namun, ke depannya kita koordinasi dengan sejumlah instansi untuk menahan mereka,” tegas Suryanegara.

Rencana penahanan sebelumnya disampikan Suryanegara, menyikapi masih banyaknya para gepeng yang dijumpai di lapangan, meski berkali-kali diamankan. Penahanan, kata dia, dilakukan dalam rentang waktu tertentu. Ini demi mengantisipasi munculnya gepeng, terutama saat nanti peerhelatan KTT G-20. 

“Jangan sampai saat event internasional masih menjamur para gepeng. Maka satu solusinya dengan menahan mereka. Harapannya setelah itu mereka juga ada efek jera dan tidak balik menjadi gepeng,” tegasnya. 7 dar

Komentar