nusabali

Mega Briefing Fraksi PDIP DPR RI

Cetak Hattrick, Instruksikan Kader Turun ke Akar Rumput

  • www.nusabali.com-mega-briefing-fraksi-pdip-dpr-ri

'PDIP bertekad memenangkan Pemilu 2024 dan mencetak hattrick kemenangan Pemilu tiga kali berturut-turut sejak 2014'

JAKARTA, NusaBali
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri instruksikan seluruh Anggota Fraksi PDIP dari seluruh tingkatan di Indonesia bekerja keras dengan turun ke akar rumput (masyarakat).  Instruksi Megawati ini menindaklanjuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II 2021 lalu, sebagai upaya memperkuat soliditas kader menjelang Pemilu 2024.

Megawati secara khusus kumpulkan para jajaran Anggota Fraksi DPR RI dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Fraksi PDIP masa bakti 2019-2024 di Gedung Sekolah Partai, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (8/7). 

Sebanyak 128 orang Anggota Fraksi PDIP di DPR RI, termasuk Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Fraksi Utut Adianto, mengikuti rapat yang juga dihadiri Dr Hasto Kristiyanto.

Dalam arahannya, Megawati meminta anggota fraksi PDIP di seluruh Indonesia untuk memastikan diri terus bekerja keras serta turun ke tengah rakyat. “Tak ada jalan selain turun ke bawah. Selalu temui dan bekerja bersama pengurus partai dari DPD, DPC, PAC, sampai ranting. Kita tinggal membuka diri dan mau turun bersama rakyat di bawah,” kata Megawati melalui keterangan tertulisnya, Jumat (8/7).

Megawati berkata seperti itu, karena ingin membangkitkan spirit mereka agar jangan selalu merasa berada di zona nyaman. Megawati mengingatkan, bahwa proses Pemilu 2024 sudah dimulai, yakni dari pendaftaran serta proses verifikasi partai politik. Dia ingin anggota fraksi PDIP ikut mendukung kerja struktur partai demi membereskan semua hal yang disyaratkan aturan perundang-undangan.

“Saya ingatkan kembali, turun ke bawah itu yang paling penting, bukan politik elite. Kalau kamu selalu turun ke bawah, kamu pasti menang, kita pasti menang. Pahami bahwa kita ini orang Partai sehingga seharusnya memiliki api perjuangan nan kunjung padam,” tandas Megawati.

Sementara Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menambahkan, hasil survei menunjukkan peran anggota DPR semakin penting. Yakni dalam konteks opini masyarakat hingga kemampuan penetrasi dan mengorganisir rakyat. Dalam hal itu pula rakor fraksi ini menjadi langkah penting usai rakernas kemarin.

“Kita akan bahas strategi anggota fraksi agar bergerak cepat, sehingga seluruh rekomendasi rakernas jadi panduan bagi seluruh gerak kepartaian kita yang dilakukan Tiga Pilar partai, termasuk legislatif dari pusat hingga daerah,” kata Hasto.

Sementara Puan Maharani menjelaskan, rakor fraksi dilakukan agar seluruh anggota fraksi PDIP bisa memahami dan menjiwai hasil rakernas. Selain itu, rakor dilakukan agar memastikan gerak fraksi semakin baik untuk membumikan Pancasila dalam gerak serta kebijakan strategis pemerintahan.

Pada kesempatan itu, Puan juga menjelaskan berbagai detail mengenai kinerja Fraksi PDIP di DPR saat ini. Secara khusus Puan mengingatkan agar seluruh anggota fraksi berjuang keras dan cerdas menjalankan tugasnya di DPR.

“Kita harus memastikan apakah misalnya rancangan undang-undang itu berpihak kepada rakyat, apakah menciptakan perubahan lebih baik, apakah akan makin memudahkan urusan rakyat? Jangan apa yang kita kerjakan justru menjadi bumerang karena dianggap merugikan rakyat. Itu intinya,” terang Puan.

Selain itu, Puan mendorong agar semuanya semakin memperbanyak kegiatan maupun aktivitas bersama warga masyarakat di wilayahnya masing-masing. “Turun ke lapangan, turun ke lapangan karena rakyat menunggu kita. Saya sendiri merasakan bagaimana getaran massa rakyat ketika kita turun ke bawah," tegas Puan.

Puan juga menekankan, PDIP bertekad memenangkan Pemilu 2024 dan mencetak hattrick kemenangan Pemilu tiga kali berturut-turut sejak 2014. “Partai ini masih dibutuhkan untuk selalu ada demi mewujudkan cita-cita Bung Karno,” kata Puan. 

Sedangkan Ketua Fraksi PDIP, Utut Adianto, mengatakan seluruh legislator berkomitmen mendukung penuh dan menjaga pemerintahan Jokowi sampai 2024 sesuai arahan Ketua Umum Megawati.

“Kita selalu ditugaskan ibu ketua umum untuk menyapa struktur partai ketika reses (penyerapan aspirasi). Sekaligus selalu diingatkan untuk mampu berempati kepada rakyat di bawah. Rakor fraksi terakhir dilakukan pada 2018. Karena pandemi, baru kali ini lagi diarahkan ibu ketua umum, yang akan menambah semangat dan moril kita menuju hattrick di 2024,” ucap Utut.

Dalam kesempatan itu pula, para peserta rakor melakukan doa bersama untuk Almarhum Tjahjo Kumolo. Tjahjo merupakan Sekjen PDIP 2010-2014 dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Doa dipimpin Anggota Fraksi yang juga Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. k22

Komentar