nusabali

60 Anak SD dan SMP di Buleleng Dilatih Pemrograman Komputer

  • www.nusabali.com-60-anak-sd-dan-smp-di-buleleng-dilatih-pemrograman-komputer

SINGARAJA, NusaBali
60 orang perwakilan sekolah di Buleleng, yakni SD dan SMP digembleng pelatihan coding atau pemrograman komputer.

Pelatihan selama tiga hari ini bertujuan mengembangkan potensi digital pada sektor pendidikan, digelar di salah satu hotel di kawasan wisata Lovina, Buleleng, mulai Selasa (5/7). Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Made Astika mengatakan telah menginstruksikan satuan pendidikan agar mampu mengikuti transformasi digital. Menurutnya, pelatihan ini akan bermanfaat bagi pendidik baik yang saat ini memanfaatkan metode pembelajaran daring maupun luring. "Semua peserta didik yang diikutkan dalam pelatihan ini diharapkan mampu menguasai teknologi juga bisa mentransfer ilmu pengetahuan yang mereka peroleh dalam pelatihan ini untuk teman-temannya di lingkup satuan pendidikan terdekat," ujarnya.

Kadis Astika menjelaskan dengan pelatihan coding guru bisa memanfaatkan sistem SSO (single sign on). Sebuah sistem terintegrasi satu pintu sebagai sarana yang menghubungkan civitas akademika di sekolah. Di samping itu ada beberapa hal yang harus dikuasai oleh guru dalam pemanfaatan teknologi khususnya transformasi digital.

Sebagai bentuk dukungan, 185 sekolah telah diberikan komputer untuk bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. "Tahun ini, kami sudah bantu 185 sekolah. Masing-masing diberikan 15 komputer agar bisa dimanfaatkan dalam pemanfaatan teknologi khususnya Asesmen Nasional yang dilaksanakan setiap tahunnya," beber Astika. Kata dia, guru-guru harus mampu menguasai teknologi sehingga sarana dan prasarana teknologi bisa lebih optimal dimanfaatkan di dunia pendidikan.

Salah satu pengajar pelatihan dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Bambang Robi'in menjelaskan, pelatihan menekankan pengenalan pemrograman. Antara lain, membuat program aplikasi sederhana yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Selain itu juga memberikan materi ajar bagaimana mengenal pemrograman teknologi. "Nanti para guru  selain memahami dan mengenal coding, juga bisa mengenalkan coding secara sederhana kepada anak-anak didik mereka khususnya pada tingkat SD dan SMP," tegasnya. Menurutnya, pengenalan coding ini relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Tak hanya itu, coding juga dapat melatih cara berpikir kritis anak-anak didik. *mz

Komentar