nusabali

Terbentur Idul Adha, CFD Diundur Sepekan

  • www.nusabali.com-terbentur-idul-adha-cfd-diundur-sepekan

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Perhubungan Buleleng bersama sejumlah instansi terkait telah mematangkan rencana pemberlakuan kembali car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan di Buleleng.

Namun, rencana CFD di sepanjang Jalan Ngurah Rai, Singaraja ini sedianya akan dibuka Minggu (10/7), diundur sampai Minggu (17/6) mendatang. Pengunduran karena berbenturan dengan Hari Raya Idul Adha.

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra, Rabu (6/7) kemarin, mengatakan penerapan kembali CFD di Buleleng sudah lama dinanti masyarakat Buleleng. Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana pun langsung memberikan sinyal hijau begitu kasus Covid-19 di Buleleng melandai dan turun ke PPKM Lever I. Diberlakukannya kembali CFD, untuk waktu berolahraga dan rekreasi warga perkotaan juga telah mengantongi surat izin Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng. “Rencana awal memang Minggu ini (tanggal 10) tetapi karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha kami undur seminggu untuk menghormati saudara kita yang sedang merayakan hari raya,” ucap Gunawan.

Pelaksanaan CFD setelah 2 tahun vakum, akan dilakukan beberapa penyesuaian. Situasi yang masih dalam masa Pandemi Covid-19, masyarakat yang masuk ke dalam area CFD diwajibkan sudah mendapatkan vaksinasi lengkap hingga vaksin dosis III  atau booster. Jika pun belum lengkap, masyarakat dapat divaksin di tempat, sebab Dinas Kesehatan akan membuka stand vaksinasi khusus di CFD.

Masyarakat juga tidak diperkenankan membawa hewan peliharaannya ke area CFD, untuk kenyamanan bersama. Sementara itu stand kuliner dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga masih diberikan kesempatan dalam CFD. Hal tersebut merupakan salah satu upaya menggerakkan sektor perekonomian. “Zona-zonanya sudah diatur semua khususnya untuk zona pedagang nanti akan ditertibkan mulai dari 50 meter sebelah utara air mancur taman kita dan sisi selatannya dari simpang Jalan Werkudara. Teknis dan regulasi sudah kami buat untuk menggerakkan roda perekonomian dari sektor UMKM,” ucap Gunawan. *k23

Komentar