nusabali

Jelang Idul Adha, Pemudik Meningkat di Pelabuhan Gilimanuk

  • www.nusabali.com-jelang-idul-adha-pemudik-meningkat-di-pelabuhan-gilimanuk

NEGARA, NusaBali
Menjelang Hari Raya Idul Adha sesuai pengumuman pemerintah pada Minggu (10/7), mulai terlihat adanya peningkatan pemudik yang meninggalkan Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, Rabu (6/7).

Namun lonjakan pemudik jelang Idul Adha ini, tidak sepadat pemudik saat Hari Raya Idul Fitri.  Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPDT) Pelabuhan Gilimanuk I Nyoman Sastrawan, mengatakan  menjelang Hari Raya Idul Adha, memang biasa ada lonjakan pemudik. Namun dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, lonjakan pemudik jelang Idul Adha ini tidak sebanyak pemudik saat Idul Fitri.

“Ya memang biasa ada orang mudik Idul Adha. Tetapi masih normal. Sampai sekarang (Rabu kemarin) juga masih lancar. Tidak ada penumpukan seperti mudik Idul Fitri,” ujar Sastrawan.

Menurut Sastrawan, untuk pola pelayanan di pelabuhan juga diterapkan seperti hari-hari biasa. Hanya dikerahkan 28 kapal dengan 8 trip. Namun jika nantinya ada kepadatan penumpang, pihaknya tetap siaga dengan menyiapkan skema percepatan bongkar muat kapal.

“Kalau mudik Idul Adha, kita tidak ada pola padat dan sangat padat seperti Idul Fitri. Tetapi kalau nanti ada peningkatan, kami siapkan skema percepatan waktu bongkar muat. Tetapi itu kami lakukan kalau ada kepadatan penumpang,” ucap Sastrawan.

Mengenai cuaca di Selat Bali, kata Sastrawan, sementara masih normal. Namun ketika terjadi cuaca ekstrem yang bisa membahayakan, pihaknya akan menutup sementara aktivitas pelayaran. “Saat ini masih normal. Kami juga tetap siaga. Kalau memang tidak memungkinkan, kami tutup (aktivitas pelayaran, Red) sementara,” kata Sastrawan. *ode

Komentar