nusabali

7 Tips Padu Padan Pakaian dan Aksesoris untuk Tampilan Pria Smart Casual

  • www.nusabali.com-7-tips-padu-padan-pakaian-dan-aksesoris-untuk-tampilan-pria-smart-casual

DENPASAR, NusaBali.com - Sekarang ini, trend fashion smart casual sangatlah digemari. Baik pria atau pun wanita. 

Sebab tak hanya cocok digunakan dalam suasana yang semi formal, di mana sekarang ini bahkan dunia kerja pun sudah bergeser ke arah yang semi formal dari yang tadinya sangat formal; tampilan smart casual juga tidaklah awkward saat menghadiri acara yang santai. Bisa dibilang, smart casual itu resmi bisa, santai juga bisa.

Tak heran, karena semakin digemarinya trend ini, berbagai brand fashion dan aksesoris yang awalnya hanya cocok untuk acara santai saja, atau formal saja, kini banyak digunakan. Misalnya saja produk dari Converse Indonesia. Sepatu-sepatunya banyak dicari. Dan juga produk dari brand lain.

Anda salah satu pria penggemar trend smart casual? Berikut ini 7 tips padu padan pakaian dan aksesoris yang bisa jadi masukan.
 
1. Blazer dan Jaket
Ini adalah tips pertama jika Anda ingin tampil smart casual. Ya, gunakan jaket atau blazer. Untuk blazer, pilihlah yang berbahan campuran, misalnya katun dengan linen. Kenapa demikian, alsannya adalah supaya tidak membuat Anda gerah saat berada di cuaca panas. Adapun, jika cuacanya dingin, Anda bisa memilih blazer yang terbuat dari bahan wol merino. Atau juga campuran bahan wol serta sutra.

Nah untuk jaket, pilihannya bisa jenis jaket bomber atau trench coat. Keduanya bisa menampilkan gaya yang smart casual. Lengkapi juga dengan kaos bergaris di bagian dalam jaket. Serta celana panjang yang rapi.

Untuk warnanya, Anda tidak perlu terpaku pada warna-warna yang polos. Padu padan dengan warna yang bernuansa biru, burgundy, cokelat tanah, atau pun pola yang unik, bisa dilakukan. Akan tetapi hindari warna atau motif yang terlalu kentara. Ditambah dengan kemeja atau juga jaket kulit juga bisa dilakukan.
 
2. Kemeja Kasual
Kemeja polos memang banyak digunakan untuk tampilan gaya yang smart casual. Namun hal ini bukan berarti kemeja motif tidak bisa. Kemeja casual dengan motif garis-garis, atau juga bunga-bunga masih bisa digunakan. Dan malah, ini akan memberikan kesan yang lebih pribadi. Nah agar supaya tidak terlalu berlebihan, mengenakan potongan yang lebih klasik pada elemen fashion lainnya, bisa Anda pilih.

Ah ya, jika kemeja yang Anda pakai lumayan panjang, kemeja bisa dimasukkan ke dalam celana. Namun jika kemejanya tidak terlalu panjang, biarkan saja terekspos ke luar.
 
 3. T-shirt
Siapa bilang T-shirt tak bisa digunakan untuk tampilan smart casual? Anda masih bisa mendapatkannya lho dengan menggunakan T-shirt. Tapi tentu, t-shirt yang digunakan tidaklah sembarangan. Pilih t-shirt yang punya garis leher bulat atau crewneck.

Hindari juga t-shirt yang bahannya tipis. Dan jangan juga t-shirt dengan model kerah V neck. Supaya tampilan smart casual Anda tidak malam memberi kesan yang lain.
 
4. Celana Panjang Kasual
Celana panjang atau bawahan yang tepat akan membuat tampilan kita terlihat smart casual. Celana panjangnya boleh terbuat dari bahan kain. Akan tetapi jangan yang terlalu formal. Celana chino dan celana celana jins juga bisa dipilih. Akan tetapi untuk celana jeans, potongan yang ramping akan lebih baik di dalam menampilkan gaya yang smart casual.

Detailnya, pastika ukuran celananya pas. Warnanya netral. Dan bagian ujung celana juga tidak dilipat atau digulung. Jangan juga menggunakan ripped jeans, jins belel, atau jeans robek. Meski smart casual terkesan semi formal dan santai, menggunakan celana jins begitu tetap tidaklah sopan. Ah ya, hidari warna denim dan hitam ya. Warna netral tetap lebih baik. Menambahnya dengan kemeja, t-shirt, serta blazer pada celana kain atau jins ramping warna netral akan membuat Anda tampil smart casual.
 
5. Celana Pendek
Celana pendek juga bisa digunakan untuk tampil smart casual. Akan tetapi hindari yang panjangnya di atas lutut harus dihindari. Celana pendek dari bahan katun atau perpaduan antara linen dan katun adalah yang paling pas.

Celana pendek dengan bahan yang berpola juga bisa digunakan. Namun pastikan bagian lainnya polos. Dan tetap, warna netral akan lebih baik.

6. Sepatu
Untuk tampilan yang smart casual, sepatu yang digunakan haruslah serasi dengan atasan dan juga bawahan yang dikenakan. Anda bisa menggunakan paduan kemeja linen dan juga celana pendek, dengan sepatu loafers. Sepatu bot Chelsea juga bisa digunakan. Misalnya untuk datang ke ulang tahun teman. Ada pun untuk datang ke pesta pernikahan, dress shoes yang agak serius, misalnya sepatu oxford dan derby bisa jadi pilihan.

Selalu ingat bahwa sepatu itu sangat menunjang penampilan Anda. Bisa membuat sempurna jika pas, namun bisa jadi bencana jika Anda salah memilihnya.

7. Aksesori Lain
Saputangan banyak dipercaya sebagai aksesori tambahan dalam menunjang tampilan yang smart casual. Jika Anda mau menggunakannya, pilih warna saputangan yang senada dengan warna kemeja. Cukup saputangan yang tipis saja. Dan bukan sebaliknya.

Untuk sabuk atau ikat pinggang, Anda tak perlu menggunakan sabuk yang berbahan kulit mahal atau produk rancangan desainer dunia yang ternama. Pilih saja yang berbahan kain. Nah supaya maksimal, pilih juga kacamata gaya.

Itu dia 7 tips padu padan pakaian dan aksesoris untuk tampilan pria smart casual. Anda belum punya salah satunya? Buka saja aplikasi Blibli. Di sana ada banyak pakaian, celana, sepatu, atau pun aksesori lain yang bisa membuat Anda tampil smart casual. Pastikan pilih yang sesuai dengan Anda. Selamat berbelanja!

Komentar