nusabali

IPB Internasional Bali Kembangkan Minat dan Bakat Insan Muda di Sektor Pariwisata

The 5th National Tourism Student Championship 2022 Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Bali

  • www.nusabali.com-ipb-internasional-bali-kembangkan-minat-dan-bakat-insan-muda-di-sektor-pariwisata
  • www.nusabali.com-ipb-internasional-bali-kembangkan-minat-dan-bakat-insan-muda-di-sektor-pariwisata

DENPASAR, NusaBali.com – Pelaksanaan kegiatan The 5th National Tourism Student Championship 2022 Institut Pariwisata dan Bisnis (IPB) Bali telah resmi dibuka yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Gubernur Bali Prof Dr Ir Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati MSi (Cok Ace) pada Selasa (5/7/2022) pagi.

Mengusung tema ‘Achieving Suistainable Recovery and Resilient Tourism in The Post Covid-19 World: Challenges and Opportunities’, kegiatan perlombaan tersebut terlihat semarak diikuti oleh 104 peserta mahasiswa dan siswa SMK/SMA yang berasal dari berbagai universitas dan sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. 

“Peserta yang mengikuti lomba yakni peserta yang telah mendaftar pada 1 Mei 2022 - 25 Juni 2022 dengan biaya pendaftaran mulai dari Rp 100.000,” ungkap Komang Trisna Pratiwi Arcana SST Par MPar MRech CHE, selaku Ketua Panitia The 5th National Tourism Student Championship 2022. 

FOTO: Pemukulan Gong oleh Wakil Gubernur Bali Prof Dr Ir Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati MSi sebagai tanda dibukanya The 5th  National Tourism Student Championship 2022 di Kampus Institut Pariwisata dan Bisnis (IPB) Internasional Bali, Selasa (5/7/2022). .-IST

Kegiatan pembukaan kegiatan lomba pun berlangsung meriah diawali dengan pementasan tari Cendrawasih sebagai tari penyambutan, dan sambutan oleh Wakil Gubernur Bali Cok Ace. “Kegiatan ini sangat bagus untuk mematangkan kemampuan mahasiswa dalam merespon perkembangan pariwisata yang pesat di Bali, yang ditandai dengan pembuatan serta pengembangan suprastruktur (aturan), infrastruktur (fasilitas) dan struktur (sumber daya manusia) yang sedang dilakukan oleh pemerintah provinsi Bali. Contohnya seperti pembangunan di Pura Besakih, Jalan Tol Mengwi-Gilimanuk, Pelabuhan Sanur dan lainnya,” ujar Cok Ace saat memberikan kata sambutan.

Lebih lanjut Trisna Pratiwi mengatakan bahwa kegiatan The 5th National Tourism Student Championship dilaksanakan dengan mode hybrid (luring-daring) dan terdapat delapan perlombaan yang dapat diikuti oleh para peserta. “Perlombaannya ada business plan, cooking competition, making bed dan towel, tour guiding, call for paper, video competition, speech contest, dan package. Nanti para pemenang lomba akan mendapatkan merchandise, trophy, sertifikat, dan uang jutaan rupiah,” jelas Trisna Pratiwi.

Kegiatan lomba yang terlaksana pada 5 Juli 2022 hingga 6 Juli 2022 tersebut bertujuan untuk mewadahi minat dan bakat para mahasiswa dan siswa SMK/SMA serta sebagai ajang kompetisi untuk mempertajam bekal dalam hal ini skill yang diperlukan oleh industri pada abad ini, serta sektor pariwisata. 

FOTO: Komang Trisna Pratiwi Arcana SST Par MPar MRech CHE, selaku Ketua Panitia The 5th National Tourism Student Championship 2022, saat ditemui di Kampus Institut Pariwisata dan Bisnis (IPB) Internasional Bali, Selasa (5/7/2022). .-IST

“Jadi ini adalah kegiatan rutin tahunan mahasiswa IPB Internasional Bali yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan para peserta dan memotivasi mahasiswa atau siswa SMK/SMA lainnya agar turut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ayo tetap semangat dan pantang menyerah, tetaplah berkarya,” ucap Trisna Pratiwi memberikan semangat kepada para peserta.

Di sela-sela waktu Wakil Gubernur Bali Cok Ace memberikan pesan kepada para peserta dan mahasiswa agar dapat berperan secara aktif dalam pengembangan sektor pariwisata dan pembangunan ekonomi di Bali. 

“Saat ini pembangunan pariwisata yang bersifat berkelanjutan sedang gencar dilaksanakan, tugas para generasi muda dalam hal ini mahasiswa yakni mempersiapkan diri untuk merespons hal tersebut dengan mengasah kemampuan serta keterampilan yang dimiliki terutama di bidang pariwisata,” tutup Cok Ace. *

Komentar