nusabali

Bawaslu Bali Warning Parpol Taat Aturan

  • www.nusabali.com-bawaslu-bali-warning-parpol-taat-aturan

DENPASAR,NusaBali
Ketua Bawaslu Bali Ketut Ariyani warning para calon peserta Pemilu yakni partai politik (parpol) agar taat aturan, untuk meminimalisir pelanggaran.

Hal itu diungkapkan Ariyani saat menerima audiensi dari Partai Buruh Provinsi Bali, salah satu parpol yang akan mendaftarkan diri pada Pemilu 2024, di Kantor Sekretariat Bawaslu Bali, Jalan Moh Yamin, Niti Mandala Denpasar, Senin (4/7).

Saat menerima jajaran Partai Buruh, Ariyani didampingi  anggota Bawaslu Bali yakni, I Wayan Wirka (divisi penanganan pelanggaran), I Wayan Widyardana Putra (divisi pengawasan), I Ketut Rudia (divisi hukum, humas, data dan informasi), dan I Ketut Sunadra ( divisi penyelesaian sengketa), serta Kepala Sekretariat Bawaslu Bali, Ida Bagus Putu Adinatha.

“Kami terimakasih Partai Buruh telah melakukan audiensi, kami berharap sebagai calon peserta Pemilu, agar taat akan aturan yang berlaku,” ujar Ariyani.

Bukan tanpa alasan, kata Ariyani, segala hal yang diingatkan jajaran pengawas kepada calon peserta Pemilu semata - mata untuk meminimalisir pelanggaran yang mungkin terjadi, sebagaimana fokus Bawaslu saat ini adalah melakukan pencegahan.

“Kami di Bawaslu Bali saat ini lebih berfokus kepada fungsi - fungsi pencegahan, segala hal yang nanti jajaran kami ingatkan ke calon peserta Pemilu, untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran yang bisa terjadi kapan saja,” ujar mantan Ketua Panwaslu Buleleng ini.

Sementara, Rudia secara terpisah memastikan bahwa pihaknya akan memberikan perlakuan yang sama ke calon peserta Pemilu. Bawaslu Bali juga selalu siap membuka ruang diskusi, baik dari sesama penyelenggara, calon peserta Pemilu, dan juga masyarakat

“Pada dasarnya, kami memberikan pelayanan yang sama kepada seluruh calon peserta Pemilu. Kami juga membuka ruang diskusi untuk seluruh segmen, mulai dari penyelenggara, calon peserta Pemilu, dan juga masyarakat,” tegas Ketua Bawaslu Bali 2013-2018 ini.

Disisi lain, Ketua Partai Buruh Provinsi Bali, I Ketut Suandi menyatakan bahwa tujuan dari audiensi yang dilakukan pihaknya ke Bawaslu Bali adalah untuk bersinergi dengan penyelenggara Pemilu. Sebagai calon peserta Pemilu, Partai Buruh taat dengan aturan. “Kami ingin bersinergi dengan penyelenggara Pemilu, serta kami siap menjadi partai yang taat dengan etik sebagai calon peserta Pemilu,” pungkas Suandi.*nat

Komentar