nusabali

Enjoy The Show! Surya Sewana Festival Berjalan Sukses

  • www.nusabali.com-enjoy-the-show-surya-sewana-festival-berjalan-sukses

DENPASAR, NusaBali.com – Sanur Village Festival (Sanfest) bakal kembali digelar pada Agustus 2022 setelah dua tahun tertidur akibat pandemi. Namun sebelum event yang sudah masuk kalender Kemenparekraf itu digelar, sejumlah event pemanasan lebih dulu digelar.

Salah satunya yang sudah tuntas dan sukses digelar adalah Surya Sewana yang dilangsungkan pada 1-3 Juli 2022. “Kembali membuat event besar setelah vakum dua tahun itu persiapannya banyak sekali dari konseptual, layout, tim, sistemnya tentu baru karena setelah pandemi berubah semua, kita pelajari, kita harus adaptasi,” ujar Ida Bagus Gede Sidharta Putra, Ketua Panitia Sanfest 2022, Minggu (3/7/2022).

Surya Sewana Festival yang diselenggarakan selama tiga hari di The Garden Griya Santrian Hotel Sanur merupakan rangkaian acara dari Sanur Village Festival Acara Surya Sewana Festival ini dibuka Wakil Gubernur Tjok Oka Arta Ardhana Sukawati. 

“Saya berterima kasih Sanur Village Festival bisa diadakan kembali. Sanur ini sangat merupakan bagi Kota Denpasar. dengan menggeliatnya pariwisata dan perekonomian maka juga dapat meningkatkan perekonomian pada masyarakat,” ungkap pria yang akrab disapa Cok Ace dalam sambutannya. Jumat (1/7/2022) 

Tema yang diambil dalam kegiatan ini pun sungguh memiliki makna yang dalam. Surya Suwana, dipercaya ssebagai ritual yang biasa dilakukan oleh  sulinggih, pendeta, atau pedanda untuk menyambut matahari pagi. 

“Kita selama dua tahun silam masih  dalam suasana tidur, suasana gelap. Melalui kemudahan sekarang setelah pandemi ini merupakan sebuah kebangkitan dan tentunya sebagai rasa bisa seperti sedia kala walaupun belum sepenuhnya,” jelas Gede Sidharta yang juga sebagai Ketua Yayasan Pembangunan Sanur ini. 

Sebagai sebuah acara pemanasan, Surya Sewana Festival menyuguhkan festival gabungan. Selama tiga hari event ini berlangsung ada berbagai kegiatan seperti musik, food fest, yoga, art exhbition, sunday market, kid activites, community gathering, fashion dan starup marketing fest.  

Harga tiket masuk yang ditawarkan sebesar Rp 50.000 untuk wisatawan lokal dan juga asing. Namun untuk masyarakat lokal Sanur tidak dikenakan biaya masuk. Antusias masyarakat pun juga terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya mencapai 400-500 orang pengunjung. 

Anak Agung Gede Putra selaku panitia Information Center mengungkapkan perbedaan dalam acara kali ini adalah pada bagian tiketing. “Biasanya kegiatan Sanur Village Festival selalu dilaksanakan secara gratis, karena berhubungan dengan protokol kesehatan maka ada pembatasan pengunjung,” ujar Gede Putra. 

Acara yang telah ditungu-tunggu oleh masyarakat khususnya masyarakat bali menghadirkan berbagai guest star diantaranya Sandhy Sondoro, Balawan, dan Pongki Barata. Namun, terlepas dari guest star tersebut, Surya Suwana Festival menghadirkan musisi lokal yang bertalenta yakni Gus Agung Gotama. 

Penampilan memukau dengan busana kemeja casual membuat dirinya menjadi lebih bersinar pada hari terakhir, Minggu (3/7/2022) malam. Membawakan lima lagu saat tampil diantaranya dua lagu original miliknya. Gus Agung Gotama mengaku jika dirinya diundang langsung oleh Ketua Panitia Pelaksana. 

“Iya, saya diundang untuk tampil hari ini. Sebagai musisi lokal juga saya ingin membuktikan bahwa musisi lokal juga punya potensi di dunia industri musik Indonesia,” kata alumni The Voice Indonesia ini. 

Gustoma juga berpesan bagi pengunjung dan fansnya untuk Enjoy The Show. “Pesannya untuk para pengunjung untuk tetap bisa menjaga kebersihan, tidak membuat sampah sembarangan,” pesan Gustama yang juga warga Sanur ini. *ris


Komentar